Hardware Terbaik 2010 Bag.03

Hardware Terbaik 2010 Bag.03

Gigabyte GV-N460 OC-768I (VGA Card High-End Terbaik)

Kehadiran GPU Fermi GTX 460 masih terdengar gemanya hingga saat ini. Kini telah hadir GPU seri Fermi terbaru, yaitu GTS 450 yang masuk pada kelas mid-range dengan harga yang lebih rendah tentunya. Walaupun begitu, perbedaan tingkat performa yagn sangat berbeda menjadikan GTX 460 masih menjadi incaran hingga beberapa pekan terakhir. GTX 460 kali ini dihadirkan oleh Gigabyte GV-n460 OC-768I. Masih mendekati harga yang ditawarkan NVIDIA pada saat peluncuran pertama. Belum lagi dengan tambahan beberapa fitur non-reference yang diusung oleh Gibabyte, seperti windforce cooling design dengan dua buah fan, serta ultra duraable component. Sedangkan pada kecepatan clock-nya mengalami kenaikkan dari kondisi standarnya. Dengan GPU clock pada 715 MHz, memory clock pada 3600 MHz, dan shader clock pada 1430 MHz. Hasil pengujian performa diperoleh skor mencapai 88%, sedangkan pada pengujian suhu diperoleh suhu idle 37 derajat Celcius dan full load 63 derajat Celcius. Penggunaan dua buah fan memang masih kurang efektif dibandingkan fitur DirectCU yang diterapkan ASUS.

ASUS ARES (VHA Card Enthusiast Terbaik)

Untuk basis GPU, ASUS ARES menggunakan seri GPU AMD Hemlock. Dengan kata lain merupakan konfigurasi multi-GPU di dalam satu board. Lebih lanjut lagi, pada versi ASUS ARES ini sebenarnya merupakan model GPU untuk kelas paling tinggi pada seri Eyefinity. Hanya saja, ASUS menggunakannya untuk model video card standar yang hanya dilengkapi 3 port, yaitu HDMI, DisplayPort, dan DVI. Arsitektur internal, sebagaimana penggunaan dari model GPU Hemlock, ia berjalan pada clock penuh 850 MHz, dan juga dilengkapi memory hingga 4 GB total dengan masing-masing 2 GB tiap GPU, dan berjalan pada kecepatan 4,8 GHz. Dari konfigurasi seperti ini, ASUS mengimplementasikan kebutuhan daya yang tidak tanggung-tanggung, minimal pengguna harus menggunakan PSU 750 Watt. Di video card sendiri ditandai dengan memaparkan tiga buah port auxiliary power, di mana dua di antaranya merupakan port 8 pin. Disini terlihat tiap GPU memiliki base block heatsink tembaga, masing-masing dilengkapi heatpipe.

G.Skill F3-1600CL9D-4GBFLS (2Gx2) (RAM DDR3 Dual-Channel Terbaik)

Memory dari G.Skill memang selalu memberikan keunikkan-keunikkan sendiri. Kali ini melalui produknya, yaitu G.Skill Flare, ia mencoba memberikan sesuatu yang “wah”. Lengkapnya produk ini bernama G.Skill F3-1600CL9D-4GBFLS (2GBx2). Total kapasitasnya adalah 4 GB, yang terdiri dari 2 keping RAM berjenis DDR3. Tentunya teknologi dual channel sudah didukung oleh produk ini. Yang membuat produk ini unik adalah pada paket penjualannya, dilengkapi dengan fan tambahan yang bisa dipasangkan di atas keping RAM yang sudah diinstal. Fungsinya tentu saja untuk membantu mendinginkan suhu RAM saat bekerja dalam keadaan maksimum. Produk ini sendiri memiliki kemampuan overlclocking melalui Extreme Memory Profile, yaitu hingga timing 1000 Mhz dan setting 9-9-9-24 (CL-RCD-RP-RAS)/33-74-4-10-5-5 (RC-RFC-RRD-WRWTR-RTP). Saat diuji dengan setting tersebut, dan hasilnya memang luar biasa. Sangat pantas jika kemudian diberikan gelar terbaik untuk produk ini.

SanDisk Cruzer Blade 16GB (USB Flash Disk Terbaik)

Sandisk sebagai salah satu produsen media penyimpanan data terbaik, kembali mengeluarkan produk barunya dari jajaran UFD. Produk UFD-nya kali ini diberi nama SanDisk Cruzer Blade 16GB. Bentuk dari produk ini memang tidak lazim. Biasanya, produk-produk UFD pasti berbentuk simetris, namun yang ini lain. Bentuknya memang lebih mirip pisau, sesuai dengan nama produknya yang mengandung kata blade. Produk ini memiliki kapasitas 16 GB. Namun sayang, tidak ada penunjuk lampu LED apapun yang disediakan. Kapasitas sebenarnya yang dideteksi pada aplikasi benchmark HDTune adalah 15275 MB. Untuk teknologi atau fitur, memang tidak ada penambahan apa pun. Selain ukurannya yang mungil, dan bentuknya yang lain dari biasa. Performa yang dihasilkan bisa dikatakan lumayanbaik. Ia tidak dilengkapi oleh perlengkapan penjualan apapun di paket penjualannya. Anda hanya akan mendapatkan produk UFD-nya saja. Meski begitu karena perbandingan performa, kapasitas, dan harga yang sangat baik, ia pantas dinobatkan sebagai yang terbaik untuk kategori USB flash disk.