Hardware Terbaik 2010 Bag.04

Hardware Terbaik 2010 Bag.04

OCZ VERTEZ2 120GB SSD (Solid State Drive Terbaik)

OCZ VERTEX2 120 GB SSD, SSD ini memiliki kapasitas 120 GB unformatted, sedangkan jika diformat, maksimal kapasitas yang digunakan adalah 111,8 GB. Bahan casing yang digunakan adalah dari alumunium dengan dua warna berbeda. Di bagian dasar adalah warna silver, sedangkan bagian atas berwarna hitam. Secara fitur dan perlengkapan yang ditawarkan memang tidak terlalu mencolok. Jika Anda membuka pembungkusnya di dalamnya akan ditemukan sebuah adapter casing 3,5”, tentunya lengkap dengan sekrup. Memang tidak mencolok untuk perlengkapan, namun jangan ditanya untuk performanya. Dari pengujian benchmark yang dilakukan, produk ini memiliki kinerja luar biasa. Nilai pengujian dilalui semua dengan penilaian yang sempurna. Untuk transfer rate average mencapai 207,2 MB/sec, sedangkan untuk kecepatan read adalah 176,6 MB/sec, dan kecepatan write adalah 186,7 MB/sec. Pantas jika kemudian terpilih sebagai produk SSD terbaik tahun ini. Kinerja dan kestabilan yang baik menjadi modal utama produk ini, meskipun harganya masih cukup tinggi di pasaran.

ADATA Nobility NH01 320GB (Portable Harddisk Terbaik)

Konektivitas yang dimiliki oleh produk portable harddisk ini adalah USB 3.0. Tentu saja dengan konektivitas tersebut, kecepatan transfer data yang dimiliki juga meningkat cukup pesat, jika dibandingkan dengan hanya menggunakan USB 2.0 biasa. Dari hasil pengujian yang diperoleh, proudk ADATA ini memiliki nilai rata-rata transfer rate sebesar 70,1 MB/sec. Kapasitas total yang dimiliki oleh produk ini adalah 320GB, dengan ukuran setelah diformat adalah 298,1 GB. Kapasitas yang masih sangat lega untuk sebuah portable harddisk. Desain dari produk ini tidak “neko-neko”, hanya berbentuk kotak biasa saja. Namun untuk material bahan, produsen memilihkan bahan yang cukup baik dengan sentuhan efek glossy pada seluruh panelnya. Anda juga nantinya bisa men-download secara bebas software yang sudah disediakan oleh ADATA sebagai kompensasi penggunaan portable HDD tersebut, yaitu aplikasi HDDtoGO, OstoGO, dan Norton Internet Security 2010 (60 day trial). Untuk diperhatikan, kabel ini tidak bisa digunakan untuk device yang masih menggunakan USB 2.0.

WD Scorpio Black 500GB ( Harddisk 2,5” Terbaik)

WD Scorpio Black 500GB adalah sebuah harddisk berukuran 2,5” yang diperuntukkan bagi laptop. Produk ini memiliki kapasitas real sesudah diformat adalah 465,8 GB. Cache yang dimiliki adalah 16 MB. Dengan kecepatan putar 7200 rpm. Biasanya, harddisk 2,5” maksimal hanya memiliki kecepatan putar 5400 rpm. Ia memiliki konektor SATA 3 GB/s, dan tentu saja power SAYA. Sedikit mengenai teknologi yang diusungnya adalah WD ShockGuard technology yang berguna melindungi drive mechanics dan lapisan platter dari goncangan saat pemakaian dan shipping. Satu lagi adalah WD SecurePark yang berguna untuk memarkir recording heads dari lapisan disk, baik pada saat spin up, spin down, dan ketika drive pada posisi off. Untuk kinerjanya sendiri, memang cukup bagus. Hanya hasil uji PCMark05 saja yang menurut kami kurang. Pengujian menggunakan HDTune tidak mengalami masalah sama sekali, namun hasil grafiknya menunjukkan penurunan pada kinerja produk ini. Namun begitu, produk ini masih pantas menyandang gelar hardware terbaik untuk kategori harddisk 2,5” tahun ini.

Altec Lansing mx6021 (Speaker 2.1 Terbaik)

Memang, speaker Altec Lansing ini merupakan tipikal speaker dengan konfigurasi konvensional. Meski begitu, konsep desain tata letak, dan juga enclosure mencerminkan hal yang jauh dari konvensional. Dimulai dari speaker satelit, speaker yang digunakan berdesain two-way. Uniknya, mereka ditempatkan pada housing yang terpisah, meski tetap dalam satu paket satelit. Sebenarnya, hal ini memang tidak akan mempengaruhi sisi respon audio, karena driver tweeter tidak memerlukan ruang besar agar memberikan respon baik. Dari desain bentuk, antara dua speaker ini hanya digabungkan oleh grill yang terbuat dari bahan fiber glass. Secara keseluruhan, tampak lebih eksotis. Berlanjut kepada speaker subwoofer, sebenarnya terbilang konvensional, yakni dengan tipe ported dan drive front firing. Yang membuat unik, hanya dari sisi bentuk saja yang agak berbentuk trapesium yang kurang lazim dalam desain speaker. Di luar sisi desain ini, satu faktor yang tampak akan membuatnya sangat menarik adalah dari penggunaan amplifier kelas D atau amplifier digital.

Iklan