Hardware Terbaik 2010 Bag.05

Hardware Terbaik 2010 Bag.05

Creative PLAYDOCK i500 (Portable Speaker Terbaik)

Sepintas, ia seperti sebuah produk Hi-Fi Compo. Hal ini juga diperkuat dengan kenop volume seperti radio kebanyakan. Namun, sebenarnya ada rahasia khusus yang menyebabkannya menggunakan desain bentuk seperti ini, yang rata-rata biasanya berdimensi ramping. Tapi sebelumnya, kita lihat dahulu yang tampak dari muka depan. Dari depan ini, sepertinya menggunakan jenis driver yang cukup besar, namun nyatanya mengguanakan tipe driver two-way mungil yang diletakkan lebih ke sisi atas. Untuk pengendalian produk, selain yang disediakan pada unit, juga disediakan wireless remote yang tampaknya sudah menjadi keharusan tersendiri. Karena akan mempermudah pengoperasian secara keseluruhan. Satu tambahan dan berhubungan dengan pengontrol ini adalah pada unit disediakan tombol khusus yang fungsinya sebagai audio processor, agar sounding menjadi lebih luas (surrond sound). Kembali kepada desain yang lebih gemuk ala Hi-Fi Compo adalah karena memiliki ekstra driver yang diposisikan sebagai subwoofer yang diintegrasikan di dalam unit.

Steel series XAI mouse gaming (Mouse Gaming Terbaik)

Produk ini adalah mouse dengan teknologi mutakhir secara keseluruhan, tetapi memiliki bentuk yang terbilang biasa saja. Anehnya, StellSeries tetap bertahan dengan menggunakan sensor laser generasi kedua untuk mouse gaming Xai ini, padahal saat ini sudah muncul generasi 3.5 yang lebih baru. Walau secara keseluruhan, tracking generasi kedua yang digunakan tetap teknologi tercanggihnya. Dari sisi desain berkesan sederhana dan konvensional lebih tercermin. Namun, hal itu ditutupi dengan tingkat build quality yang sangat baik sekali. Salah satu keunikkannya tersendiri dibandingkan dengan produk mouse gaming lain yang diuji, termasuk desain, adalah pengimplementasian bentuk yang dapat dipergunakan, baik untuk pengguna bertangan kanan atau kiri. Masalah thumb button ditangguli dengan tombol ibu jari tersebut ada di kedua sisi mouse. Untuk indikator, selain dari LED kecil di atas mouse, juga memiliki fitur ekstra OLED display untuk menunjukkan setting profile maupun DPI. Secara performa, mouse ini memberikan tingkatan performa yang sangat baik.

Cooler Master Centurion 5 II (PC Case Terbaik)

Produk ini mengusung bahan material yang cukup baik, seperti penggunaan solid steel untuk body-nya, sedangkan untuk bezel menggunakan perpaduan antara aluminium, mesh dan plastic. Pada sisi luar, yang terlihat secara kasar mata adalah On/Off dan reset swicth dan konektor USB, mic, headphone, dan e-SATA. Salah satu kelebihan dari casing ini adalah sistem pendingin yang dimiliki yang kami anggap cukup baik. Ia dilengkapi dengan dua buah fan terintegrasi, dengan komposisi front fan berukuran 14 cm yang digunakan sebagai intake, dan fan berukuran 12 cm yang digunakan sebagai exhaust. Di samping itu, juga disediakan tempat tambahan fan optinal, yaitu pada bagian atas (top) sebagai exhaust, dan bagian samping (rear) sebagai intake. Selain itu, ada bagian dari dalam casing yang berlubang, di mana lubang ini khusus didedikasikan untuk pendinginan CPU, agar panas yang dihasilkan mudah dilepaskan. Kami anggap ini sebagai ganti dari air duct system.

Thermaltake Thoughpower XT 850W (Power Supply Unit Terbaik)

Produk PSU ini memiliki total power sebesar 850 watt. Material bahan yang digunakan memiliki ketebalan yang cukup bagus, dan finishing yang cukup baik juga. PSU in imemiliki berat 2,15 kg. Komponen yang digunakan juga tidak boleh dianggap remeh, yaitu dengan kapasitor berkualitas tinggi buatan Jepang untuk mendukung performa dan realibilitas tinggi. Untuk sisi pendinginan, selain heatsink di bagian dalam komponen PSU, masih ditambahkan dengan sebuah fan besar berdiameter 14 cm dual ball bearing. Fitur lainnya yang tak kalah penting adalah Fan Delay Cool berbentuk swicth, di mana dengan fitur ini Anda bisa mengatur berapa lama fan beroperasi setelah PSU dimatikan. Lainnya adalah fitur S.P.T. Indicator yang berbentuk 3 buah LED. Masing-masing status memiliki arti sesuai dengan penamaan masing-masing, yaitu standby, PG signal, dan temperatur. Kinerja yang dimiliki produk dengan konektor yang sudah bertipe modular ini, secara keseluruhan cukup baik.