Windows Phone 7

Windows Phone 7

Dua tahun sudah Microsoft mengembangkan sistem operasi smartphone baru mereka, Windows Phone 7 (WP7). Sebuah sistem yang memang tidak lebih unggul dari pesaingnya, namun diprediksi mampu mengimbangi lawan-lawanya. Paling tidak, penampilan Windows Phone 7 memiliki style unik. Hub, komponen yang menyatukan fungsi-fungsi icon dan widget, menghiasi layar start-up. Contact Hub menawarkan akses ke Address Book dan juga menampilkan hal-hal baru dari jaringan Facebook. Sementara, Game Hub merupakan feature yang benar-benar baru. Melalui Hub ini, pemilik Xbox360 dapat meneruskan memainkan game-game konsol pada ponsel dengan account Xbox Live. Integrasi Office juga terlihat sukses. Office App dapat membuka dokumen yang kompleks tanpa masalah. Format-formatnya tidak berubah. Melalui Cloud, dokumen bahkan dapat dikerjakan dengan sebuah tim.

Feature-feature baru lainnya tidak banyak. Pre-installed Online Navi sudah diadopsi lebih dulu oleh Google atau Nokia. Untuk melacak ponsel ketika hilang, Microsoft meniru Apple. Bahkan, WP7 juga meniru kekurangan-kekurangan iPhone sebelumnya, seperti tanpa multitasking dan copy&paste. Untuk feature yang terakhir, katanya tersedia update mulai awal 2011 nanti.

Untuk hardware-nya, Microsoft menetapkan spesifikasi yang tidak begitu fleksibel bagi para vendor ponsel. Oleh sebab itu, semua perangkat tampak terlihat sama. Semuanya menawarkan capacitive SVGA touch screen, GPS, Kamera, 8 GB Flash, dan CPU 1 GHz. Memang ini berguna untuk keseragaman sekaligus agar tidak kalah dengan iPhone.

Meski demikian, dalam hal App Store, Windows Phone 7 kalah jauh. Saat ini, hanya sekitar 500 aplikasi yang tersedia untuk Windows Phone 7, sedangkan untuk Android dan Apple masing-masing tersedia sekitar 90.000 dan 250.000 aplikasi. Boleh jadi, jumlah aplikasi bukan menjadi masalah. Menurut sebuah riset dari Gartner, pengguna lebih meng-utamakan kualitas, perlengkapan, dan harga. Untuk masalah harga, Microsoft perlu melakukan penyesuaian. Perangkat yang ditawarkan sekarang masih terlalu mahal untuk dapat mencaplok pasar. Dengan harga tidak berubah saja, Windows Phone diprediksi hanya meraih 3,9 persen pangsa pasar pada tahun 2014 nanti. Sekitar satu persen lebih kecil dari tahun ini, demikian menurut Gartner.

Info: windowsphone7.com