Teknologi di tahun 2011 Bagian 02

Teknologi di tahun 2011 Bagian 02

Tablet Membanjiri Pasar

Apple sukses membuat terobosan dengan tablet pada tahun 2010 ini. Di tahun depan, beragam Tablet baru meluncur ke pasaran dengan sistem operasi serba komponen yang berbeda-beda pula. Mulai dari perangkat dengan keyboard tersembunyi atau perlengkapan Bluetooth untuk aplikasi musik. Layar 7 dan 10 inci menjadi ukuran yang paling diminati. Awalnya, teknologi layar menggunakan LCD, namun akhir tahun ini lebih banyak perangkat yang menawarkan OLED. Sebagai sistem operasinya, 2011 bakal lebih didominasi oleh Google Android. Sementara, Apple sudah mempersiapkan revolusi berikutnya dengan iPad 2.

Windows Phone siap Menggebrak

Microsoft kembali meramaikan pasar smartphone dengan Windows Phone 7. Sistem yang dikembangkan dari awal tersebut cukup meyakinkan pengembang Apps dan vendor, seperti Samsung, LG, atau HTC. Selain itu, terdapat pilihan perangkat yang beragam serta koneksi ke layanan Xbox Live. Menurut para analis, Microsoft dapat meraih tambahan 10 persen market share di tahun 2014.

Konten 3D segera Tersedia

Harga TV 3D perlahan mendekati TV konvensional. Untuk itu konten-konten 3D pun semakin berkembang. Selain dengan media keping Blu-ray 3D, provider TV pun menawarkan hiburan-hiburan 3D. Game-game konsol dan PC pun juga tidak ingin ketinggalan dalam pasar 3D. Tokoh-tokoh dari dunia game sudah lama tampil dalam tiga dimensi. Jadi, tidak diperlukan biaya besar untuk menghasilkan 3D-nya.

Kamera dan camcoder pun semakin banyak yang menawarkan material 3D, apakah dengan lensa tambahan, seperti pada Panasonic ataupun dengan teknologi 3D terintegrasi, seperti pada Fuji. Setelah Toshiba meluncurkan TV 3D pertama dengan teknik autostereoscopic (tanpa kacamata khusus) ke pasaran, produsen lain menyusul, walaupun masih dalam bentuk prototipe. Harga proyektor dengan gambar Full HD tiga dimensi semakin turun mendekati harga TV 3D.

Resolusi 4K dan OLE Display

Semakin banyak perangkat TV yang dilengkapi dengan teknologi layar baru. Pada tahun 2011 nanti, LG menjadi pertama yang menawarkan OLED dengan 31 inci. Bersamaan dengan itu, vendor seperti Samsung menawarkan perangkat dengan revolusi tinggi sebesar 4K, empat kali lipat dari jumlah pixel perangkat Full-HD terbaru.

Internet sebagai Sumber Televisi

TV melalui Internet sudah tidak asing lagi. Berkat dukungan luas produsen penerus video text HbbTV, media library, atau informasi siaran dapat dipanggil dari Internet melalui remote control TV. Google TV selangkah lebih maju, walaupun awalnya masih berjalan terseok-seok. Perangkat yang tepat mendapat akses ke mesin pencari video dan web film milik Google. Selain itu, dimungkinkan pula sebuah layanan-layanan baru, seperti melihat film tanpa iklan dengan sedikit pembayaran. Stasiun TV estabilished menyadari kehadiran kompetitor baru mereka. Jumlah perangkay yang digunakan untuk melihat layanan tersebut melalui TV pun semakin bertambah. Konsol seperti PlayStation 3 menawarkan akses ke layanan seperti Lovefilm atau Hulu Plus.

 

Iklan