Teknologi di tahun 2011 Bagian 03

Teknologi di tahun 2011 Bagian 03

Gestur untuk TV

Dengan Kinect untuk Xbox 360, Microsoft telah menunjukkan bagaimana kendali gesture dapat diubah untuk perangkat elektronik. Namun, di dalamnya, vendor TV pun melihat sebuah konsep pengoperasian yang lebih kompleks untuk perangkat mereka. Segera hadir perangkat yang dilengkapi dengan remote control yang sensitif terhadap gerakan yang diarahkan ke layar seperti pointer, misalnya untuk mengendalikan mouse atau memanggil widget. Nantinya, disusul dengan feature gesture detection.

Port baru dengan Kapasitas lebih besar

Dengan LightPeak, interface serat optik segera masuk ke PC. Awalnya, bandwidth mencapai 10 GBit/s dan dapat menghubungkan semua, mulai dari monitor sampai dengan mouse. Dengan kompatibilitas backward yang lebih baik, USB 3.0 memperoleh market share dengan kecepatan hanya setengahnya. UEFI BIOS pun membuat terobosan dengan bertambahnya kapasitas penyimpanan yang mendukung hard disk di atas 2 Terabyte.

Integrasi GPU dan ManyCore

Meleburnya CPU dan GPU sebagai satu satu kesatuan kembali berlanjut. Intel untuk pertama kalinya menawarkan prosesor dengan Sandy Bridge. Pada die CPU, ditempatkan sebuah chip graphic terpisah. AMD menawarkan feature yang sama dengan nama Fusion. Dengan teknologi baru ini, pengguan tidak perlu lagi membeli graphics card tambahan sehingga menhemat dana serta konsumsi daya. Paling tidak, bila pengguna sudah puas dengan chip graphic kelas medium tersebut. Vendor juga meletakkan dasar pertama untuk sebuah System-on-a-Chip. Selain memadukan graphic chip, komponen motherboard lain pun dapat dipadukan dengan CPU tersebut. Dengan prosesor server sampai 12 core, Intel menembus batas ke Many-Core Chip. AMD bahkan menawarkan CPU server sampai 16 core. Pada akhir tahun ini, Intel akan menyelesaikan Many-Core Chip Knight Corner dengan sekitar 50 core pada fabrikasi 22 nm. Produsen software melakukan adaptasi besar-besaran terhadap prosesor Multi Core dan Many-Core. Adaptasi ini bertujuan untuk memaksimalkan performa program mereka agar seirama dengan kemampuan prosesor baru tersebut.

Beta pertama dari Windows 8

Menurut rencana, Windows 8 akan diluncurkan pada musim gugur 2012 nanti. Namun, versi beta pertamanya sudah dapat dicoba setahun sebelumnya. Komponen penting dari Windows baru ini adalah konsep keamanannya, seperti user login melalui kamera. Selain itu, disertakan pula sebuah koneksi cloud. Melalui cloud, pengguna PC dapat memakai data, program serta konfigurasi yang sama pada sebuah Tablet Windows 8. Bahkan, backup dalam cloud juga dimungkinkan. Selain itu, Microsoft mengintegrasikan sebuah App Store dan mempersingkat booting time hampir nol sama sekali. Selain itu, Windows 8 akan menjadi Windows pertama yang cocok untuk Tablet.