Tuhan Yesus Tidak Tidur: Di Tengah-tengah Orang Banyak

Tuhan Yesus Tidak Tidur

Di Tengah-tengah Orang Banyak

Zakheus ingin melihat Yesus, tetapi ia mendapat dua hambatan, yaitu kerumunan orang dan keadaan tubuhnya. Ketika mendekati kerumunan orang, pria bertubuh pendek ini memutuskan untuk naik ke atas pohon ara. Ia tidak malu apabila tindakannya akan dianggap konyol oleh banyak orang.

Dengan bertengger di cabang pohon itu, Zakheus berharap dapat melihat Yesus dari kejauhan. Namun yang terjadi justru Yesus yang melihat Zahkeus. Meskipun ada banyak orang yang berdesak-desakan di sekitarnya, tetapi Yesus justru memberi perhatian khusus pada Zakheus secara utuh dan menyeluruh. Tidak hanya yang tampak dari luar, tetapi juga yang ada di dalamnya. “Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati” (1 Samuel 16:7).

Apa yang dilihat Yesus ketika menatap Zakheus? Dia melihat orang yang terikat oleh dosanya; Dia melihat orang yang terasing dari masyarakatnya; Dia melihat orang yang tidak berpengharapan. Zakheus yang dipandang sebelah mata oleh banyak orang, ternyata mendapat perhatian khusus dari Yesus.

Dalam menjalani kehidupan ini, kadang kita merasa menjadi manusia yang tidak berarti. Di tengah-tengah banyak orang, Yesus melihat Anda. Dia mengenal Anda seutuhnya: Bagaimana Anda menjalani kehidupan; kegagalan dan keberhasilan Anda; kekecewaan, keputusasaan, ketakutan, kecemasan, dan penderitaan Anda?

Di antara milyaran manusia di muka bumi ini, Yesus mengenal dan menyapa Anda secara pribadi.