Teknologi di tahun 2011 Bagian 05

Teknologi di tahun 2011 Bagian 05

Apps Store untuk Semua Sistem

Konsep Apps Store tetap berhasil. Toko software virtual tersebut semakin terbuka untuk perangkat. Dengan Mac Apps Store, Apple mulai mengoperasikannya untuk laptop dan komputer desktop. Microsoft bakal menyusul dengan Windows Store pada Windows 8. Bahkan Office 15 pun menawarkan sebuah Apps Store. Sementara Amazon akan membuka Apps Store untuk perangkat berbasis Android. Perusahaan tersebut sudah menawarkan Kindle Store untuk PC, iOS, Android, atau Windows Phone. Tidak ketinggalan, Mozilla dan Samsung menawarkan platform Apps Store yang lebih luas, seperti untuk TV dan ponsel. Banting stir produsen Apps ke Apps berbasis web mempermudah platform ini.

Berhemat dengan Sistem Diskon Harga

Digital Rebate System yang terintegrasi dengan lokasi melalui smartphone dengan cepat diminati banyak orang. Service provider, seperti Foursquare, Getting, atau Facebook Deal berjalan pada ponsel pengguna dan memberikan informasi-informasi diskon dari merchant, bar, atau restoran yang ada disekitarnya. Bila pengguna mengunjungi tempat tersebut, ia dapat mendaftar di sana dan kemudian mendapat potongan harga dari perusahaan tersebut.

Semuanya Melalui Cloud

Semkain banyak perusahaan yang menawarkan layanan Cloud. Melalui Cloud, pengguna tidak hanya dapat bertukar file antar perangkat dan kemudian mengolahnya, melainkan juga membawa serta identitas atau melanjutkan game pada perangkat lain. Layanan online synchronisation dari produsen ponsel dapat mensinkronisasikan data antara telepon dan laptop.

Smart Apps Gantikan Teknologi

Berkat Apps, ponsel hampir dapat melakukan semuanya. Ponsel menjadi remote control untuk YouTube, local TV atau system stereo dalam LAN serta menggantikan kunci untuk kendaraan atau pintu rumah. Videochat dengan ponsel melalui Skype atau FaceTime pada iPhone mudah dilakukan berkat transfer data yang tinggi dan biaya yang semakin kecil, tidak perlu lagi menggunakan webcam dan laptop. Sebuah generasi baru dari Streaming Apps dapat mengirim TV dan Video on Demand langsung ke ponsel. Dengan adanya perangkat yang dapat terhubung dengan TV melalui HDMI, ponsel dapat berfungsi seperti Set-top-Box. Foto-foto langsung di-upload dari ponsel ke Facebook, Flickr, dan sebagainya. Selain itu, foto-foto dapat dicetak pada berbagai printer tanpa melalui PC. Bahkan, Scanning dengan ponsel pun dimungkinkan.

Internet Lebih Cepat 20 kali

Serat optik membuat koneksi DSL menjadi terdesak. Jaringan serat optik dapat menjangkau sampai 1 GBit/s , sekitar 20 kali lebih cepat dari koneksi VDSL. Pada 2011 ini, transfer data mencapai 200 MBit/s, untuk upstream dan downstream. Memang, operator jaringan kabel juga berusaha untuk mencapai transfer rate yang tinggi. Namun, upstream-nya tetap berkisar 100 MBit/s.

Iklan