Sandy Bridge

Sandy Bridge

Prosesor merupakan komponen utama dalam proses komputersasi. Fungsinya yang sentral membuat setiap perkembangan terbaru tentang prosesor selalu menarik untuk disimak. Intel Sandy Brigde adalah prosesor generasi terbaru yang dirilis oleh Intel. Prosesor ini pertama kali diperkenalkan pada ajang tahunan, Consumer Electronics Show (CES) 2011 di Las Vegas bulan Januari 2011. Prosesor ini diproduksi dengan fabrikasi 32 nm yang berbeda dengan prosesor generasi sebelumnya, Intel Clarkdale. Kini Sandy Bridge memiliki graphics processing unit (GPU) yang menyatu dengan CPU die. Desain arsitektur microprosesor ini diharapkan mampu memberikan data transfer rate yang lebih tinggi namun dengan konsumsi daya yang lebih rendah.

Selain itu, perubahan pun tidak hanya terdapat pada desain arsitektur proseor. Intel juga telah mengubah LGA 1156 socket yang digunakan pada Lynnfield dan Clarkdale dengan LGA 1155 socket untuk Sandy Brigde. Dengan demikian, Anda tidak lagi bisa menggunakan motherboard LGA 1156 untuk dipasangkan dengan Sandy Bridge. Intel juga memberikan dua pilihan chipset bagi Anda yang berencana melakukan desktop system upgrade menggunakan prosesor Sandy Bridge, yaitu P67 dan H67. Apa yang membedakan keduanya terletak pada fungsi Integrated Graphics Processor (IGP). Chipset P67 akan secara otomatis menonaktifkan IGP pada Sandy Bridge. Selain itu, Anda juga tidak dapat menemukan graphics interface pada P67 Motherboard.

Saat ini, hanya Sandy Bridge desktop prosesor list yang dirilis resmi Intel. Tidak kurang dari 18 model prosesor Sandy Bridge siap untuk Anda pilih sebagai sumber tenaga sistem. Dari sisi branding, Intel membagi ke-18 model prosesor tersebut menjadi empat kelas, antara lain Pentium, Core i3, Core i5, dan Core i7. Anda juga akan menemukan kode hurus “T”, “S”, dan “K” pada akhir prosesor model name. Huruf “T” menandakan prosesor tersebut merupakan jenis ultra low voltage (ULV). Hurus “S” sebagai low voltage processor. Sedangkan huruf “K” berada pada kasta tertinggi dengan feature unlock multiplier. Bagi Anda yang berencana melakukan overclocking. Direkomendasikan Core i5-2500K dan Core i7-2600K dengan unlocked multiplier. Mengapa demikian? Karena overclocking pada Intel Sandy Bridge lebih difokuskan pada peningkatan core clock. Dengan arsitektur microprocessor Sandy Bridge yang menggunakan single clock generator hanya memungkinkan peningkatan base clock (BCLK) speed hingga 5% dari default BCKL speed sebesar 100 MHz. Hal ini terbukti saat dilakukan pengujian overclock dengan menaikkan nilai BCLK. Setelah beberapa konfigurasi dan peningkatan BCLK speed, sistem hanya mampu berjalan dengan stabil pada batas maksimal 105 MHz. Hal ini karena pada Sandy Bridge, PCIe clock berjalan sinkron dengan BCLK speed.

Selain itu, Intel juga memberikan instruction set baru pada Sandy Bridge, yaitu Advanced Vector Extension (AVX). Instruction set ini merupakan pengembangan dari (Streaming SIMD Extensions) SSE, sehingga pada beberapa aplikasi real yang mengoptimalkan AVX, proses data menjadi lebih cepat dibandingkan instruction set SSE4 yang banyak digunakan pada berbagai aplikasi multimedia creation. Tidak hanya itu, Sandy Brigde juga dilengkapi dengan algoritma enkripsi AES untuk menjaga keamanan data pada video conference dan aplikasi VoiP.

Intel HD 2000 dan 3000: Bukan sekadar Integrated Graphics Processor

Integrated graphics memberikan nilai tambah sendiri bagi seluruh sistem komputer, baik itu desktop maupun mobile platform. Intel telah lama menetapkan fokus pada divisi GPU-nya untuk menghasilkan integrated grahpics yang lebih bertenaga. Seperti yang terlihat pada Sandy Bridge map, berbeda dengan Clarkdale, kini Intel berhasil menciptakan arsitektur integrated graphics generasi terbaru dengan penempatan graphics processor dalam satu processor die block.

Namun, integrated graphics HD 3000 yang dimiliki Core i5-2500K dan Core i7-2600K mampu menghasilkan GPU score sebesar 1355 pada 3DMark Vantage dengan revolusi 1280×1024. Performa graphics HD 3000 ini terbukti mampu mengungguli NVIDIA GT 210 (881) dan AMD HD 5450 (1002), walaupun sebagai catatan, Core i5-2500K memang berjalan dengan clock speed yang lebih tinggi dibandingkan prosesor Core i7-920 yang digunakan sebagai platform pengujian.

Seperti halnya peningkatan prosesor clock speed, Intel Turbo Boost juga akan meningkatkan integrated GPU clock speed, baik pada HD 2000 maupun HD 3000.