Motherboard Sandy Bridge 01

Motherboard Sandy Bridge

ASRock Fatal1y

ASRock kembali melakukan inovasi dalam produk motherboard terbarunya. Kali ini, ASRock melakukan kerja sama dengan seorang gamer kelas dunia yang bernama Jonathan “Fatal1ty” Wendel.

ASRock menciptakan motherboard Fatal1ty sesuai dengan kriteria sang gamer, yaitu motherboard dengan performa terbaik dan stabil. Dua kriteria tersebut terlihat dari komponen yang digunakan dalam produk ini, seperti penggunaan premium gold capacitor secara menyeluruh, 16+2 CPU power phase, 3 slot PCI-E 2.0 yang mendukung penggunaan dua graphics card atau lebih dalam mode CrossFireX dan SLI, heatsink berukuran cukup besar dan lainnya.

Motherboard terbaru dari ASRock ini hadir dengan dominasi warna merah. Hal ini terlihat dari penggunaan warna merah di hampir seluruh bagiannya, seperti heatsink, slot memori, dan slot PCI-E 2.0. Sama seperti motherboard ASRock lainnya, Fatal1ty dihadirkan dengan memiliki sebuah USB 3.0 front panel. Anda akan menemukan sebuah  modul front panel yang dapat diletakkan pada bagian expansion slot di casing. Sebuah bracket pendukung serta disertakan oleh ASRock dalam paket penjualannya.

ASRock P67 Extreme4

Produk lainnya dari ASRock, hadir dengan warna hitam pada keseluruhan boardnya. Selain itu, ASRock turut memadukan warna biru dan putih untuk expansion slot pada P67 Extreme4.

ASRock menghadirkan P67 Extreme4 dengan spesifikasi yang tergolong tinggi, seperti 4 port SATA 6.0 Gbit/s, 8+2 power phase, C.C.O (Combo Cooler Option) yang membuat motherboard ini memiliki fleksibilitas lebih terhadap cooler prosesor yang akan Anda gunakan, ASRock DuraCap, dan tiga buah PCI Express yang mendukung 3-Way CrossFireX dan SLI.

Feature seperti front panel USB 3.0 turut disematkan dalam produk ini. Anda tidak perlu mengeluarkan dana tambahan untuk membeli front USB 3.0 panel karena Anda akan menemukannya dalam paket penjualan produk ini. Selain itu, front panel ini dapat digunakan sebagai tempat untuk meletakkan hard disk maupun SSD 2,5”.

BIOS yang digunakan oleh ASRock merupakan generasi terbaru yang telah menggunakan GUI (Graphical User Interface), BIOS terbaru ini disebut sebagai UEFI (Unified Extensible Firmware Interface) BIOS. BIOS terbaru ini menawarkan beberapa feature, seperti booting dengan hard disk berkapasitas di atau 2TB serta boot-up yang lebih cepat dan lainnya.

ASUS MAXIMUS IV EXTREME

Motherboard ASUS ini hadir seperti seri ROG (Republic of Gamer) lainnya, yaitu dengan dominasi warna hitam pada board dan merah pada beberapa bagiannya.

Beberapa feature yang disertakan, antara lain ROG Connect (feature overclock yang memungkin Anda menggunakan notebook yang terhubung melalui kabel USB untuk melakukan tuning parameter dalam motherboard secara real time), 10 port USB 3.0 (dua port melalui header). Probelt (yang akan mempermudah Anda untuk mengukur voltase prosesor dan lainnya), serta ROG iDirect yang memungkinkan Anda melakukan overclock on-the-fly dengan menggunakan iPhone atau iPad melalui bluetooth yang terintegrasi.

Feature yang disebutkan di atas hanyalah sebagian kecil saja dari keseluruhan feature yang dimiliki ASUS MAXIMUS IV EXTREME. Anda dapat menemukan feature-feature lainnya.

ASUS P8P67 DELUXE

Motherboard ASUS dengan warna hitam pada board serta paduan warna biru pada heatsink dan expansion slotnya membuat produk ini terlihat menarik.

Untuk urusan performa, ASUS menyematkan DIGI+ VRM (12+2 digital power phase) yang memiliki fungsi penyaluran arus listrik yang lebih baik ketimbang VRM model analog, TPU yang menawarkan pengaturan voltase secara presisi, serta feature Auto Tuning yang menawarkan kemudan untuk men-tuning sistim Anda secara otomatis.

Selain feature overclock di atas, P8P67 Deluxe dihadirkan dengan feature, seperti Front USB 3.0 Panel yang dapat Anda temukan dalam paket penjualannya, empat port SATA 6 Gbit/s, ASUS BT GO! yang mendukung BT Turbo Remote, C.P.R (CPU Parameter Recall), UEFI BIOS, dan masih banyak lagi.

ASUS P8P67 PRO

Motherboard ini hampir sama dengan feature yang dimiliki P8P67 Deluxe, kecuali USB 3.0 front panel yang tidak diberikan dalam paket penjualannya, port Gigabit LAN yang hanya satu buah, serta clear CMOS switch pada backpanel.

Pengujian dilakukan dengan prosesor Intel i7 2600K. Semua tes dijalankan tanpa hambatan oleh motherboard ini. UEFI BIOS yang dimiliki memberikan pengalaman yang baru, terutama penjelajahan menu BIOS dengan menggunakan mouse serta kemudahan pengoperasian dan interface yang menarik. UEFI BIOS yang digunakan pada ASUS P8P67 Series juga mendukung penggunaan hard disk berkapasitas lebih dari 2 TB tanpa partisi untuk digunakan sebagai tempat  penyimpanan operating system.

Untuk Anda yang baru saja ingin mempelajari overclocking, ASUS memberikan sejumlah fasilitas untuk memudahkan niat Anda, seperti Precision Tweaker 2. Feature ini membuat Anda dapat mengatur voltase CPU, South Bridge, System Agent, DRAM dan lainnya secara presisi dengan kenaikkan (step) bilangan kecil.