Membuka Setiap File

Membuka Setiap File

Hampir setiap orang pasti mengenal file PDF dan DOC. Namun, bagaimana dengan file CR2 atau BSB?

E-mail yang ditunggu memang telah tiba. Tetapi sayang, lampirannya (attachment file) tidak bisa dibuka karena PC Anda tidak memiliki program yang tepat untuk membukanya. Anda pun harus mencari program yang tepat untuk membukanya, bukan tentu saja cukup menyita waktu.

Anda pernah mendapat file dari seorang yang sayangnya lupa memberitahu Anda, dengan program apa file tersebut dibuka. Sebelumnya, periksa dulu konfigurasi Windows Explorer yang biasanya tidak menampilkan akhiran file sehingga mempersulit Anda dalam menganilisis file. Nonaktifkan opsi “Hide extensions for known file types” melalui “Tools|Folder Options|View” pada menu Windows Explorer. Selanjutnya, arahkan ke file yang tidka dikenal tersebut untuk diketahui ekstensi filenya. Jika file memiliki dua ekstentsi, misalnya “gambar.jpg.exe”, hapus segera, kemungkinan besar itu adalah virus.

Jika file memiliki ekstensi tidak dikenal, kunjungi www.file-extensions.org. Masukkan ekstensi file-nya pada input yang tersedia dan klik “Search”. Anda akan mendapatkan informasi, dengan program apa file bisa dibuka. Sayangnya, versi program yang digunakan untuk membuka file tersebut tidak diketahui. Info ini penting untuk diketahui, misalnya menghindari hilangnya format dan info lainnya pada dokumen DOC saat dibuka oleh Office 2003. Pada kasus tertentu, ada juga file yang hanya dapat dibuka dengan versi yang digunakan saat dibuatnya file tersebut.

Untuk itu, klik kanan dokumen Word dan buka “Properties”. Dalam tab “File Info” (XP) atau “Detail” (Vista/Windows 7), temukan versi program yang dipakai untuk membuka file tersebut. Anda pun bisa mengetahui pembuatnya, tanggal modifikasi, dan template yang digunakan.

Meskipun informasi mengenai file tersebut telah diketahui, Anda masih belum dapat membukanya karena tidak memiliki program atau versi program yang tepat. Software  berjenis viewer bisa dipakai untuk melihat foto, “analyzer” untuk mengungkap info lainnya mengenai file, “universal” untuk menampilkan berbagai jenis dokumen, dan “converter” untuk mengkonversi file.

Viewer: Microsoft menyediakan berbagai viewer untuk dokumen Office. Misalnya, Exvel Viewer untuk membuka tabel ber-ektensi XLS tanpa mengharuskan Anda meng-install Excel atau paket Office.

Untuk file-file lainnya, Anda bisa menggunakan DTView (www.dirktinz.com) yang mendukung lebih dari 130 tipe file, di antaranya semua format gambar dan video yang umum. Setelah menjalankan DTView, arahkan ke file yang tidak dikenal dan klik file tersebut pada pohon direktori (directory tree) di bagian kiri. Apabila DTView bisa mendeteksinya, dokumen atau gambar tersebut akan ditampilkan di sisi kanan window. Apabila tergolong file sistem, link, atau sejenisnya, akan terlihat kode heksadesimal di bagian kanan window. Dengan demikian, pengguna tingkat lanjut bisa mencari petunjuk dalam header atau memeriksa, apakah file tersebut tergolong trojan?

Analyzer: Apabila DTView tidak dapt menampilkan file, kemungkinkan formatnya adalah container, seperti ZIP dan ARC yang digunakan program kompresi atau format video, seperti MKV. Setelah menginstall FileAlyzer, klik kanan file tersebut dan pilih “Analyze file with FileAlyzer”. Software ini akan menampilkan info lengkap mengenai file tersebut, bahkan menawarkan sebuah preview pada file tersebut.

Apabila informasi dari Filealyzer masih tidak membantu, gunakan software Open wih (www.openwith.org). Di sana juga tersedia fasilitas untuk menganalisis file. Cukup masukkan ekstensi file atau klik link berdasarkan ekstensi file-nya, website akan menampilkan informasi software apa saja yang bisa membukanya.

Universal: Berkaitan dengan file multimedia, seluk-beluk codec bisa menjadi masalah yang kompleks bagi siapa saja. Salah satu solusi ampuh adalah menggunakan software VLC media player yang mendukung hampir semua jenis codec audio dan video yang ada.

Khusus untuk file-file gambar/foto, tersedia freeware IfranView. Viewer ini bisa menampilkan dan mengonversi hampir semua jenis gambar. Websitenya www.irfanview.com, tersedia banyak plugins untuk memperluas dukungan formatnya. Setelah di-install, Anda juga dapat mengonversi format, seperti PCX, LDF, atau ECW ke format JPG atau PNG yang umum. Apabila Anda kerap bekerja di beberapa sistem (Windows, Mac, Linux), dan ingin menggunakan satu jenis software, salah satu solusi terbaiknya adalah menggunakan software berbasis Java. Syaratnya, PC Anda harus di-install Java Runtime Environment (JRE) yang tersedia secara gratis di www.java.com. Selanjutnya, Anda pun dapat memanfaatkan banyak program Java yang tersedia gratis bahakn juga kompatibel dengan beberapa jenis smartphone.

Converter: Apabila file masih belum bisa dibuka, konversikan ke format lain. Misalnya dengan Free FLV Converter, Anda dapat mengkonversi file FLV dari YouTube ke format yang umum, seperti AVI. Dengan demikian, video tersebut dapat diputar dengan berbagai jenis software player, seperti Windows Media Player. Apabila Anda ingin mempublikasi video liburan Anda di Internet, konversi sebaiknya juga dapat Anda lakukan.

Rekomendasi freeware untuk mengkonversi video adalah SUPER2010, di www.erightsoft.com. Freeware ini bisa mengkonversi hampir semua format audio dan video. Anda pun bisa mengekspor film Anda dengan mudah ke perangkat non PC, seperti iPhone, Nintendo DS, atau PS3 dengan format yang tepat. Setiap format biasanya ada converter-nya. Apabila sukar menemukan, gunakan search engine Google dengan keyword, misalnya “convert jpg eps”. Anda dapat mengganti ekstensi file sesuai format file yang diinginkan, dan hasilnya sebuah website di Australia yang menawarkan sebuah converter bernama jpg2eps.

Apabila Anda tidak ingin meng-install software, website www.mediaconverter.org menyediakan layanan konversi untuk Anda. Cukup upload file dan tentukan format target file yang dikonversi. Selain itu, berikan sebuah alamat mail agar hasil konversi dapat dikirimkan kepada Anda. Meskipun layanan ini gratis, Anda hanya perlu “berkompromi” dengan iklannya. Layanan ini terutama tepat untuk file berukuran kecil yang harus cepat dikonversi. Untuk file yang lebih besar, seperti film, lebih baik gunakan program yang telah di-install pada PC Anda. Hal yang sama berlaku bagi dokumen sensitif, seperti surat bisnis. Karena Anda tidak bisa memastikan, apakah suatu layanan menjamin penuh privasi dokumen Anda.

About these ads