Mengungkap Penghambat PC 02

Mengungkap Penghambat PC 02

INTERNET: Koneksi yang bebas spam

Paket Deepscan menunjukkan, tidak selamanya koneksi Internet selalu menjadi biang keladi penghambat sistem saat Anda berselancar. Dengan software alternatif berikut ini, Anda bisa mendapat peningkatan performa lebih dari 30%.

SPAMIHILATOR: Para peneliti terus mengembangkan metode baru untuk memerangi spam yang kerap mengganggu pengguna PC. Metode Nash spam filter menunjukkan harapan baru yang menggembirakan meskipun hingga kini produsen software masih menerapkan metode lama.

Spamihilator memeriksa kandungan iklan pada e-mail berdasarkan isi berita dan black-list sehingga software tersebut harus di-install pada PC dan mengambil resources sistem yang berharga. Apabila provider yang digunakan menyediakan fasilitas filter, Anda tidak perlu memakai Spamihilator sehingga dapat menghemat pemakaian resources di PC.

ALTERNATIF: Gunakan proteksi spam yang disediakan provider mail agar spam dalam mail yang banyak jumlahnya dapat dideteksi berdasarkan pola-pola tertentu. Proteksi ini dijalankan pada web server sehingga Anda tidak membutuhkan software khusus di PC. Dengan kata lain, menghemat resoruce RAM dan CPU.

Namun, bila Anda tetap ingin memakai Outlook, gunakan protokol IMAP untuk melihat isi mailbox dan mail tetap berada di server. Outlook hanya men-download mail bila diperlukan. Dengan demikian, koneksi DSL dapat berjalan lebih lancar tanpa harus menerapkan aturan proteksi.

FRAUD ELIMINATOR: Website phishing mengelabui pengunjung dengan meniru tampilan website aslinya, misalnya pada website online banking. Apabila Anda memasukan data banking Anda di sini, hacker akan mendapatkan info rahasia tersebut dengan mudah. Saat Anda mengakses suatu URL, Fraud Eliminator akan memeriksa ada-tidaknya URL tersebut dalam suatu blokir (black-list). Apabila ada, aksesnya akan diblokir. Versi freware-nya akan menampilkan iklan dan database blacklist-nya hanya di-update per bulan sehingga kenyamanan Anda berselancar akan berkurang. Dengan tampilan iklan dan update yang jarang, PC Anda bukan hanya tidak aman, tetapi juga bisa mengesalkan jika Anda ingin berselancar tanpa gangguan iklan. Solusinya, gunakan alternatif yang ditawarkan berikut ini.

ALTERNATIF: Sebuah program tambahan untuk menghadapi serang phishing tidak Anda perlukan. Browser versi aktual sudah memadai bagi Anda. Semua produsen browser besar telah mengintegrasikan proteksi phising yang efektif dan mengupdate black-list lebih sering (dibandingkan update yang hanya setiap 30 hari).

MOZILLA FIREFOX: Sebenarnya browser Mozilla memiliki persyaratan terbaik untuk digunakan pengguna. Browser ini cukup fleksibel dan hanya membutuhkan sedikit resources sistem. Hanya performanya yang perlu perbaikan. Dibanding Internet Explorer, Firefox lebih cepat dalam menampilan halaman web dengan JavaScript berkat compiler bawaannya. IE hanya mengandalkan sebuah JavaScript interpreter yang membutuhkan CPU untuk mengubah kode menjadi kode machine. Apabila Anda menginginkan browser terbaik, alternatif browser berikut ini layak Anda pertimbangkan.

ALTERNATIF: Selain “Just-in-Time” compiler JavaScript, Google Chrome juga memakau sebuah multicore engine yang mengolah JavaScript pada suatu core CPU dan script yang kemungkinan akan diklik pengguna pada core CPU lainnya. Mekanisme prediksi Chrome yang canggih ini menjadikannya sebagai browser tercepat dan paling hemat resoruces.

CATATAN: Dengan alasan perbaikan heuristik JavaScript, browser melaporkan perilaku selancar Anda ke Google. Ikuti tips berikut ini untuk mengatasi hal ini: Singkirkan tanda di depan “Chrome Options” pada bagian “Details”. Apabila belum memadai, gunakan UnChrome (www.abelssoft.net) yang mengubah ID browser dan mengirim angka-angka nol sebagai gantinya.