Mengungkap Penghambat PC 06

Mengungkap Penghambat PC 06

Office: Melumpuhkan penghambat produktivitas di PC

Penghambat PC juga ditemukan pada software Office yang biasanya dianggap hemat resources. Beberapa program bahkan dapat membebani CPU lebih dari 50%. Sebagai alternatif, simak beberapa jenis software-nya berikut ini:

ADOBE READER: Pengujian menunjukkan, Adobe Reader membutuhkan waktu 11 detik untuk kita membuka dokumen PDF 300 halaman. Selain itu, ia pun selalu mengaktifkan program pendukung di latar belakang (via autorun) yang menghabiskan RAM sekitar 30 MB. Adobe PDF reader juga sering dijadikan “gerbang” favorit untuk para hacker.

ALTERNATIF: Foxit Reader (www.foxitsoftware.com) dapat membuka PDF 300 halaman dalam hanya 4 detik atau jauh lebih cepat dibandingkan Adobe Reader. Selain itu, Foxit hanya membutuhkan sedikit RAM, tidak membutuhkan modul autorun dan tidak memiliki celah sebanyak reader dari Adobe.

OPEN OFFICE: Pengguna Word biasanya hanya memanfaatkan 2% dari fasilitas yang ada di dalamnya. Bagian-bagian program lainnya justru tidak banyak digunakan. OpenOffice memang gratis, tetapi cukup boros dalam mengonsumsi RAM (sekitar 150 MB) yang sangat berharga bagi netbook dengan RAM 1 GB.

ALTERNATIF: Word processor AbiWord (www.abisource.com) menawarkan fungsi pengolahan teks yang lengkap, mudah digunakan dan mendukung berbagai format dokumen yang umum, seperti RTF, HTML, TXT, dan DOC.

Iklan