Tuhan Yesus Tidak Tidur: Si Pembunuh Bernama “Kesepian”

Tuhan Yesus Tidak Tidur

Si Pembunuh Bernama “Kesepian”

Dalam film Cast Away yang dibintangi oleh Tom Hanks, tokoh utamanya terdampar di sebuah pulau seorang diri. Untuk membunuh kesepian, ia menciptakan sosok “teman”, yaitu bola voli yang terdampar di pantai. Ia menggambar mata, hidung, dan mulut pada permukaan bola itu. Layaknya teman, ia mengajaknya mengobrol, bahkan juga bertengkar.

Manusia tidak bisa hidup sendiri. Jika hidup sendirian, ia akan merasa kesepian. Namun anehnya, dalam kehidupan kota yang padat, justru semakin banyak orang yang terasing dan kesepian. Cobalah perhatikan suasana dalam bus kota atau kereta komuter. Orang semakin susah untuk berkomunikasi. Mereka lebih senang tidur selama perjalanan.

Kesepian bisa membunuh orang. Banyak artis ternama, yang meskipun dikerubuti penggemar, tetapi mereka merasa kesepian. Mereka mencari “kawan yang mematikan”, yaitu narkotika, alkohol dan obat penenang. Ironis memang. Padahal Allah tidak menginginkan manusia kesepian. Itu sebabnya, Dia menciptakan Hawa setelah Adam, supaya Adam tidak mengalami kesepian. Setiap hari mereka dapat menikmati hubungan dengan sesama dan dengan Tuhan.

Sayangnya, masih banyak orang yang mengalami kesepian sosial dan kesepian rohani di sekitar kita. Menurut beberapa survey, mahasiswa adalah orang yang paling kesepian, lalu di ikuti oleh janda atau duda. Apa yang bisa kita lakukan terhadap mereka? Berikan kepedulian yang sungguh-sungguh kepada setiap orang. Kita bisa memulainya secara sederhana, yaitu dengan menyapa orang yang duduk disebelah kita, entah itu di kantor, gereja, ruang tunggu, bus kota atau bandara.

Allah tidak ingin manusia kesepian. Karena itu, Dia menciptakan manusia lainnya sebagai teman.