Aplikasi untuk Hard Disk 02

Aplikasi untuk Hard Disk 02

Disk Checkup

http://www.passmark.com/products/diskcheckup.htm

Disk Checkup memiliki fungsi yang sama dengan Crystal Disk Info. Ia dapat mengukur temperatur harddisk dan memberikan peringatan bila melebihi threshold. Secara default, threshold temperatur yang ia terapkan lebih tinggi dibandingkan Crystal Disk Info, yaitu 60 derajat celcius. Anda dapat menampilkan informasinya secara pop menu atau mengirimkan pemberitahuan melalui e-mail, tentunya dengan adanya pengaturan sebelumnya pada configuration menu.

Terdapat tiga pilihan pada tab menu, yaitu Device info, SMART info, dan SMART history. Anda dapat mengakses infonya secara langsung atau melakukan export file ke dalam bentuk teks.

Walaupun memiliki fungsi yang sama dengan Crystal Disk Info, ia tidak menambahkan tampilan informasi dalam bentuk grafik, di mana hal tersebut tentu akan memudahkan analisis serta perbandingan nilai secara lebih mudah.

Kemampuan:

  • Melakukan monitoring secar real time.
  • Terdapat fungsi alarm.
  • Menampilkan temperatur untuk setiap drive.
  • Memberikan report melalui e-mail.
  • Menampilkan informasi dari S.M.A.R.T, baik harddisk internal maupun eksternal
  • Updated frequenty.

Hdtune

http://hdtune.com

versi freeware dari Hdtune ini menyediakan benchmark tools yang berguna untuk pengujian performa harddisk Anda. Selain itu, ia menyediakan informasi dari SMART dan informasi umum lainnya. Ia juga dapat digunakan untuk pengujian harddisk internal ataupun eksternal storage.

Jika Anda ingin melakukan pengujian dengan software ini, cukup pilih menu Benchmark pada tab Menu. Lalu, pilih drive atau harddisk yang akan Anda uji. Waktu yang diperlukan untuk melihat hasilnya cukup singkat. Hasil yang diperoleh berupa parameter, seperti Transfer Rate, Access Time, Burst Rate, dan CPU Usage lengkap beserta tampilan grafiknya.

Selain itu keperluan benchmark, Hdtune dapat melakukan scanning untuk mengetahui ada atau tidaknya error. Hal tersebut ditandai dengan warna block yang berbeda.

Versi 2.55 menjadi versi freeware terakhir aplikasi ini karena selanjutnya tidak akan di-update.

Kemampuan:

  • Untuk keperluan benchmark dengan tampilan grafik untuk harddisk internal maupun eksternal.
  • Melakukan scan untuk bad blocks of data pada drive internal dan eksternal dengan grafik diagram.
  • S.M.A.R.T, Power On Hours, General info hanya untuk harddisk internal.