Aplikasi untuk Hard Disk 04

Aplikasi untuk Hard Disk 04

HD Speed           

http://www.steelbytes.com/?mid=20

http://www.softpedia.com/get/System/Benchmark/HDSpeed.shtml

HD Speed merupakan aplikasi benchmark untuk pengujian kecepatan baca/tulis maupun pengujian kecepatan transfer data untuk hard drives, CD/DVD-Rom, flash cards/sticks, floppy, dan berbagai media storage lainnya. Parameternya dapat diperlihatkan secara real-tima melalui grafik. Ia termasuk program freeware yang sampai saat ini masih ter-update versi terbarunya.

Terdapat empat mode pilihan pengujian, yaitu:

  • Read
  • Write
  • Write+Read
  • Write+Read+Verity

Untuk mode Read, tidak ada catatan khusus saat melakukannya. Namun yang perlu diperhatikan adalah ketika menggunakan mode Write. Pastikan data penting pada drive yang akan Anda uji telah Anda backup karena pada pengujian mode Write ini, semua data pada drive yang akan Anda uji akan terhapus. Pastikan segala sesuatunya sesuai dengan prosedur walaupun sebelum menjalan mode Write, akan muncul peringatan serta perintah untuk menuliskan kalimat “DESTORY DATA” sebelum proses selanjutnya dilakukan.

Selain itu, terdapat pengaturan untuk durasi pengujian yang dapat Anda sesuaikan.

Spedd Fan

http://almico.com/speedfan.php

Speed Fan merupakan program freeware yang memiliki fungsionalitas yang cukup luas, tidak hanya untuk memonitor SMART dan temperatur papda harddisk. Ia juga dapat memonitor temperatur pada GPU dan CPU. Selain itu, ia dapat memonitor ketegangan dan kecepatan kipas. Speed Fan dapat mengakses sensor suhu digital dan mengatur kecepatan putar kipas sesuai keinginan kita serta untuk mengurangi noise yang dihasilkan.

Terdapat enam meu pilihan pada tab Menu program ini, yaitu Readings dan Exotics, keduanya memiliki persamaan yang menampilkan temperatur suhu pada CPU, GPU, dan harddisk. Bedanya, menu Exotics dilengkapi dengan informasi frekuensi processor, kapasitas baterai, serta uptime (lama waktu PC atau notebook Anda mulai bekerja).

Hal yang cukup unik adalah pada tampilan temperaturnya. Selain menampilkan informasi angka, ia menyertakan icon yang menandakan kondisi temperatur pada CPU, GPU, atau harddisk Anda. Dalam kasus ini, jika temperatur melebihi 50 derajat Celcius, icon-nya akan berubah menjadi gambar api yang menandakan kondisinya overheat.

Dari segala kemampuan yang dimilikinya, program ini wajib ter-install di PC atau notebook Anda, lebih lagi ia bersifat freeware.