Aplikasi untuk Hard Disk 06

Aplikasi untuk Hard Disk 06

Scanner

http://www.steffengerlach.de/freeware/index.html

Saat kapasitas harddisk Anda telah terisi penuh,penurunan kinerja pun mulai terasa. Satu-satunya car untuk mengatasi hal tersebut adalah menghapus sebagian file yang dirasa tidak penting. Namun, tidak jarang di antara kita yang menyimpan file secara acak tanpa mengklasifikasikannya sehingga file yang berisi dokumen bisa jadi tercampur dengan file yang berisi lagu atau film.

Banyak program free disk space analyzer yang menawarkan untuk memetakan file pada harddisk. Dengan demikian, Anda akan mudah mengetahui jenis file yang cukup mendominasi isi harddisk dan melakukan penataan secara efisien dengan menghapus file yang dirasa tidak penting. Dengan begitu, kinerja harddisk Anda akan kembali prima.

Scanner merupakan aplikasi yang memetakan jenis dan tipe file serta kapasitas harddisk. Aplikasi ini terdiri atas dua .reg yang terdiri atas “add scanner to context menu” dan “delete scanner to context menu”. Perintah yang ditampilkan cukup mudah untuk diaplikasikan. Anda juga dapat memilih drive yang akan Anda scan. Hasil yang ditampilkan berupa diagram lingkarang yang bisa Anda zoom in atau zoom out untuk menyesuaikan ukuran. Selain itu, proses scanning aplikasi ini sangat cepat sehingga Anda tidak perlu menunggu lama untuk melihat hasilnya.

Spacesniffer

http://www.uderzo.it/main_products/space_sniffer/download.html

Suatu ketika Anda menyimpan data Anda di harddisk, tetapi Anda lupa di mana tepatnya Anda menyimpan data Anda, apalagi harddisk Anda berisi ribuan, bahkan jutaan data yang tersebar. Pastinya akan merepotkan bukan? Langkah yang paling umum dilakukan adalah mengandalkan fitur pencarian pada Windows. Namun, tentunya untuk itu dibutuhkan waktu yang lama.

Program yang satu ini akan memberikan solusinya. Secara garis besar, Spacesniffer memiliki fungsi yang sama dengan program scanner. Bedanya, ia tidak memetakan secara grafis, tetapi menggunakan blok-blok, bergantung pada kapasitas file. Uniknya, pada tab menu terdapat tombol yang mengklasifikasikan atau mengategorikan tipefile dengan membubuhkan warna yang berbeda-beda untuk membedakannya.

Anda juga dapat mengatur konfigurasi untuk tampilan secara default atau tampilan pengklasifikasian secara lebih mendetail dengan menekan tombol more detail pada tab menu atau dengan hot key (ctrl ‘+’). Selain itu, untuk melihat isi data lebih dalam lagi, Anda cukup melakukan klik ganda pada file yang Anda pilih.

Bila dibandingkan dengan program scanner, ia jauh lebih unggul dari segi interface, dan penggunaan yang user friendly di samping proses scanning-nya yang cepat.

Recuva

http://www.piriform.com/recuva/download

Tidak ada yang lebih hebat daripada program recovery data. Program yang dapat mengembalikan file yang sudah terhapus ini merupakan program freeware yang dilengkapi interface yang menarik. Program ini jug menampilkan spesifikasi komputer yang Anda gunakan. Kelebihannya, pada tab menu terdapat opsi untuk tipe file yang Anda recover, seperti :

  • Pictures : Show only files on common image formats, such as digital camera photos.
  • Music: show only file of common audio formats, like MP3 player files.
  • Documents: Show only files of common office document formats, such as word.
  • Video: Show only video files, like digital camera recordings.
  • Compressed: Show only compressed files
  • Emails: Show only emails from thunderbird, Outlook Express and Windows Mail.

Jika Anda memilih menu Advance, akan muncul tampilan baru. Pada tampilan baru itu, sisi kananya terdapat keterangan berupa informasi file yang akan Anda recover.

Namun, perlu diingat bahwa program ini tidak dapat me-recover data yang sudah hilang ketika program ini belum ter-install.