Tuhan Yesus Tidak Tidur: Tiga Jenis Godaan

Tuhan Yesus Tidak Tidur

Tiga Jenis Godaan

Seorang bocah laki-laki minta izin kepada papanya untuk bermain di pantai. “Boleh, asal tidak mandi di laut,” kata sang papa. Bocah ini lalu berkemas-kemas. Namun, papanya melihatnya memasukkan baju renang.

“Kamu’kan tidak boleh mandi di laut. Mengapa kamu membawa baju renang?” tanya papanya heran. “Ini untuk berjaga-jaga kalau nanti aku tidak bisa menahan godaan untuk mandi di laut,” jawab sang anak kalem.

Menurut Yohanes, ada tiga jenis godaan. Keinginan daging menunujukkan nafsu untuk memenuhi kebutuhan biologis. Yesus digoda supaya menggunakan kekuasaan-Nya untuk memenuhi tuntutan perut. “Manusia hidup bukan dari roti saja,” jawab Yesus, “tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah.”

Keinginan mata. Albert Barnes menulis, “Hal ini dilakukan untuk memuaskan mata. Termasuk juga pakaian mahal, perhiasan, perabotan mewah, rumah mewah dan lain-lain. Yang dimaksud adalah segala kesenangan yang sia-sia di dunia ini, yang sekadar menyenangkan mata. “Yesus tidak tergoda atas iming-iming kerajaan di dunia.”

Keangkuhan hidup adalah nafsu untuk melebihi orang lain. Yesus ditantang Setan untuk memamerkan kuasa-Nya di hadapan orang banyak dengan kilah bahwa akan ada malaikat yang menantang-Nya. Yesus tidak melayani tantangan ini.

Iblis terus berusaha menggoda kita. “Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.” Mintalah hikmat dan kekuatan untuk mengenali dan menolak godaan yang diumpankan Iblis kepada Anda.

Iblis bukan lawan yang mudah menyerah. Bentengilah diri Anda dengan firman Allah.

 

Iklan