Tuhan Yesus Tidak Tidur: Tenggat Waktu

Tuhan Yesus Tidak Tidur

Tenggat Waktu

Sebagai penulis dan jurnalis saya sudah akrab dengan istilah “tenggat waktu” atau deadline. Tenggat waktu adalah waktu yang ditetapkan sebagai batas akhir penyelesaian pekerjaan. Detik-detik menjelang tenggat waktu merupakan saat–saat yang sangat menegangkan. Apabila jika pekerjaan masih menumpuk.

Marta mempunyai tenggat waktu. Ia harus segera menyiapkan makan malam untuk Yesus dan para murid-Nya. Waktunya sudah menipis. Ia meminta Maria untuk membantunya. Namun, Yesus justru menegur Marta.

Yesus tidak menyalahkan Marta karena menyiapkan hidangan. Namun, Yesus menegur Marta karena tidak membuat prioritas yang tepat. Yesus menghendaki supaya Marta lebih dulu mendengarkan pengajaran-Nya, seperti yang dilakukan oleh Maria.

Apakah Anda pernah merasakan kecemasan luar biasa karena dikejar oleh tenggat waktu? Hari kemarin sudah mencarikan anak sekolah, hari ini harus segera membayar rekening listrik. Lusa, sudah harus mengurus pajak kendaraan jika tidak mau kena denda. Apakah Anda merasakan pekerjaan Anda tidak pernah habis? Jika ya, maka yang Anda perlu lakukan adalah membuat prioritas.

Dahulukan yang utama, kata Stepen Covey, pengarang 7 Habit for Highly Effective People. Apa yang pantas ditempatkan pada daftar paling utama? Mendengarkan suara Tuhan! Hampirilah Tuhan dan tanyakan, apa yang Tuhan kehendaki untuk Anda kerjakan hari ini. Sesuaikanlah agenda kerja Anda dengan kehendak Tuhan, maka tenggat waktu itu tidak lagi menjadi momok yang mencemaskan hati kita.

Setiap kali menyusun agenda, tempatkan bersekutu dengan Allah pada prioritas pertama.