Tuhan Yesus Tidak Tidur : Tipe Pertumbuhan Rohani

Tuhan Yesus Tidak Tidur

Tipe Pertumbuhan Rohani

Dalam Kisah Para Rasul 16: 13-34, kita dapat melihat dua tipe pertumbuhan rohani. Tipe pertama, tie Lidia. Hatinya seperti bunga yang perlahan-lahan mekar pada saat mendapat sinar matahari. Lidia dengan rajin mengikuti pertemuan ibadah yang diadakan di kota Filipi. Maka Allah berkenan membuka hati Lidia sehingga ia mulai dapat menerima dan mengerti apa yang diajarkan oleh Paulus.

Sebagian orang Kristen seperti Lidia. Tidak ada peristiwa spektakuler dalam hidupnya yang menandai pertobatannya. Misalnya, tidak ada mujizat yang menandai perjumpaan mereka dengan Allah. Mereka bingung jika ditanya, “Kapan Anda bertemu Yesus secara pribadi?” Kerohanian mereka bertumbuh secara bertahap. Tanpa mereka sadari, Allah telah mengubah hidup mereka.

Kedua, Tipe kelapa penjara. Ia mengenal Kristus secara tidak terduga. Kalau Lidia mengenal Allah melalui cara yang lembut, kepala penjara ini harus melalui cara yang menakutkan. Seorang misonaris berkata, “Tuhan membangunkan aku dengan ciuman.”

Seperti itulah terjadi pada Lidia. Sedangkan terhadap kepala penjara, Allah bertindak seperti singa yang mengaum. Ada beberapa orang yang hanya bisa menyadari kesalahannya setelah mereka dihadapkan pada hukuman akibat dosa.

Allah memakai berbagai cara untuk menunjukkan kasih-Nya kepada kita. Ada dengan cara yang lembut, ada pula dengan cara yang keras. Masih ingatkah dengan cara apa Anda mengenal Yesus secara pribadi? Apa yang terjadi setelah itu? Apakah Anda sudah mengalami perubahan hidup? Ataukah Anda masih hidup dengan cara hidup yang lama?

Allah memakai berbagai cara untuk mengenalkan diri. Namun, tujuannya satu: memperbarui kehidupan manusia.