Keluarga yang Kokoh : Pilar-Pilar Keluarga 09

Keluarga yang Kokoh : Pilar-Pilar Keluarga 09

Pilar Peran yang Jelas Antara Suami dengan Isteri

Pilar penikahan yang kokoh adalah peran yang jelas. Suami mengetahui tugas dan tanggung jawabnya. Isteri juga mengetahui tugas dan tanggung jawabnya. Alkitab mengajarkan bahwa peran suami adalah menjadi kepala keluarga, dia juga harus menjadi kepala bagi isterinya. Di dalam 1 Korintus 11: 3 tertulis, “Tetapi aku mau, supaya kamu mengetahui hal ini, yaitu Kepala dari tiap-tiap laki-laki ialah Kristus, kepala dari perempuan ialah laki-laki dan Kepala dari Kristus ialah Allah.”

Suami harus menjalankan peran kepemimpinan di dalam keluarga. Namun bukan berarti dia menjadi diktakro yang tidak bisa menerima input atau saran dari isterinya tetapi dia harus menjalankan kepemimpinan dalam wujud kasih dan melindungi isterinya, berlaku bijaksana kepada pasangannya, tidak kasar tetapi justru melindungi, mengayomi karena itulah ciri pemimpin keluarga yang baik. Bahkan suami harus memenuhi kebutuhan hidup keluarganya. Jangan kita menjadi suami yang malas, yang tidak bertanggung jawab apalagi menjadi benalu atau parasit di dalam keluarga.

Alkita mengatakan bahwa orang yang tidak memelihara keluarganya itu lebih buruk dari orang kafir, artinya kita harus berusaha bekerja untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarga yang Tuhan percayakan. Sebaliknya peran isteri adalah menundukkan diri pada kepemimpinan suami. Isteri harus menjadi penolong, pendukung yang sepadan dengan suaminya. Di dalam Efesus 5: 22 tertulis, “Hai isteri, tunduklah kepada suamimu seperti kepada Tuhan” Anda jangan salah membaca isteri bukan “tanduk”tetapi tunduk kepada suami. Mungkin si isteri lebih pintar, bisa mencari uang lebih banyak dan badannya lebih besar tetapi tetap saja isteri harus tunduk kepada suami.

Nah, tahukah anda bahwa suami akan menemukan sukacita dalam kepemimpinannya dan isteri akan menemukan sukacita dalam ketundukkannya. Sebab, hal yang terpenting bagi seorang pria adalah penghargaan. Sedangkan bagi seorang isteri atau wanita adalah perlindungan. Kalau isteri lebih dominan isteri menjadi kepala keluarga maka akan terjadi penyelewengan karena suami tidak suka diperintah atau berada di bawah ancaman isteri. Sebaliknya anak-anak akan menjadi korban bila isteri terlalu dominan karena anak akan melihat pola kehidupan yang tidak sesuai dengan polanya Allah. Isteri harus menolong suami. Bahkan ia harus menjadi seorang ibu yang baik bagi anak-anaknya, membesarkan dan mengajar mereka dengan telaten dan tekun. Kalau kita mengetahui peran kita masing-masing, suami ataupun isteri, saya yakin keluarga kita akan diberkati Tuhan.

Tuhan Yesus memberkati anda sekeluarga. Semoga kerukunan dan damai sejahtera senantiasa anda rasakan dalam kehidupan keluarga anda.

Iklan