Selingkuh 05

Selingkuh 05

Solusi Terhadap Perselingkuhan

Pertobatan

Kita harus bertobat dan melakukan pemutusan hubungan secara tuntas. Jangan bertahap. Jangan sedikit-sedikit tetapi sekaligus, drastis dan total. Sebab, tanpa itu sulit kita mengakhiri hubungan perselingkuhan itu. Misal, kalau ada orang yang mau memotong ekornya anjing bagaimana caranya? Dia harus mengambil golok yang tajam dan langsung memotong ekornya. Jangan sedikit-sedikit. “Aduh kasian nih anjing, sudahlah saya ukur 5 cm dulu.” “Sini njing!” Anjingnya dipanggil langsung, “Paaak…!”:  dipotong 5 cm ekornya. Aduh dia kesakitan. Kemudian, diobati dengan obat merah dan dibalut sebulan, diukur lagi 5 cm di potong lagi. Begitu seterusnya. Ini kan tidak mempunyai perikebinatangan. Kalau mau memotong, potonglah sekaligus. Berarti dosa itu harus ditangani secara radikal.

“Kamu telah mendengar firman jangan berzinah tetapi aku berkata kepadamu setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya sudah berzina dengan dia di dalam hatinya. Maka jika matamu yang kanan menyesatkan engkau, cungkilah dan buanglah itu karena lebih baik baginya jika satu dari anggota tubuhnya binasa dari pada tubuhmu dengan utuh dicampakkan dalam neraka.”

Dan jika tanganmu yang kanan menyesatkan engkau penggallah dan buanglah itu karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa daripada tubuhmu dengan utuh masuk neraka.” Matius 5: 27-30

Wah! Radikal sekali apa yang dikatakan oleh firman Tuhan “jika matamu menyesatkan cungkil, jika tanganmu menyesatkan penggal”. Apakah itu kiasan ya kalau mata kita dicungkil maka berubahlah kita menjadi si buta dari gua hantu? Maksudnya tentu tidak demikian tetapi dosa itu harus ditangani secara radikal, langsung tuntas sampai ke akar-akarnya. Jadi kalau dulu saudara pernah terlibat dalam perselingkuhan. Apa yang harus anda lakukan? Anda tidak boleh berhubungan sama sekali baik ketemu ataupun melalui surat, telepon, SMS atau apa pun. Hindari atau buang semua yang bisa membangkitkan memori entah itu surat cinta, foto, hadiah, atau cincin. Buang, jual, atau berikan kepada orang lain.

Jangan terus mendoakan tetapi cukup sekali saja. Masih banyak kok doa yang lain. Cukup doakan sekali setelah itu selesai. Sebab kalau sudah terus berdoa hatimu akan tetap terikat kepadanya. Apabila perlu pindah pekerjaan. Kalau anda berselingkuh dengan teman sekantor, pindah kantor. Kalau anda berselingkuh dengan teman segereja, pindah gereja. Kalau anda berselingkuh dengan seseorang dalam satu kota dan sering bertemu, pindah kota.

Ada pepatah berkata, “Jauh di mata dekat di hati” Namun kenyataannya tidak demikian. Jauh di mata seringkali jauh di hati juga. Karena itu, upayakan supaya kita putus hubungan secara radikal dan tuntas sehingga kita bisa memulai kehidupan yang baru dan benar di hadapan Tuhan.

Bagaimana kalau pasangan yang tidak berselingkuh melihat pasangannya ini bertobat? Memang berat tetapi anda harus mendoakan dan mengampuni. Kalau dia mau bertobat maka anda harus mau menerimanya kembali melalui pertolongan Tuhan. Bagaimana kalau sudah terjadi kehamilan dalam perselingkuhan itu? Jalan keluar yang pasti tentu bukan dengan aborsi. Sebab, bayinya tidak bersalah tetapi orangtuanya yang berdosa dan bersalah. Jangan menutupi dosa dengan dosa. Maksudnya sudah berselingkuh ditutupi lagi dengan aborsi. Anak yang harus dilahirkan itu harus dipelihara. Apakah oleh ibunya, si wanita atau oleh si pria ataukah di adopsi oleh keluarga yang lain.

Jangan Menikahi

Kalau sudah terjadi perselingkuhan sehingga terjadi kehamilan, janganlah si pria berkata, “Wah saya mesti bertanggung jawab, saya harus menikahi juga biarin deh jadi isteri ke dua. Tidak, jangan! Solusinya bukan menikahi. Solusinya adalah menghentikan hubungan dengan wanita tersebut. Si pria harus bertanggung jawab kepada anaknya. Misalnya, kalau si pria berselingkuh, sehingga terjadi kehamilan maka dia tidak boleh berhubungan lagi dengan wanita tersebut tetapi dia tetap harus bertanggung jawab terhadap anak yang di kandung. Dengan membiayai persalinannya dan uang sekolah.

Sampai kapan? Sampai dia dewasa, mungkin sampai dia berusia 20-25 tahun terus dibiayai setiap bulan. Mungkin yang pria berkata, “Wah berat sekali enaknya Cuma 10-15 menit tetapi risikonya 20-25 tahun. Itulah mahalnya dosa. Bayarannya sangat mahal. Karena itu, kita harus menghindari dosa ini walaupun kelihatannya memikat, menarik tetapi sekejap saja sudah menyengsararkan seluruh kehidupan kita.