Penerimaan dan Penghargaan 06

Penerimaan dan Penghargaan 06

Kasih Harus Diperkatakan

Ada banyak orang mengasihi dalam hati tetapi tidak pernah mengucapkan dengan perkataan. Padahal mengucapkan dengan perkataan adalah hal yang sangat penting. Saya teringat tentang sebuah kisah. Ada seorang pria yang mencintai seorang wanita. Wanita itu juga mencintai pria tersebut. Namun karena kedua-duanya tidak pernah saling mengutarakan, mereka menjadi ragu. Pria itu terlalu pendiam untuk berani mengutarakan bahwa dia mencintai wanita itu. Sampai akhirnya, suatu hari pria itu mendapatkan surat undangan, berwarna merah jambu. Ternyata pada waktu dibuka, impian hatinya, yaitu wanita yang dicintainya sudah menikah dengan pria yang lain. Hatinya sangat hancur.

Satu kali di dalam sebuah pertemuan setelah peristiwa itu berlangsung, mereka ngobrol-ngobrol tentang memori masa yang lalu. Pria itu berkata, “Ngomong-ngomong, saya dulu itu sebetulanya senang lho sama kamu tetapi saya tidak berani mengutarakan.” Si wanita itu kemudian berkata, “Ini sih tidak ada maksudnya apa-apa ya karena ini kan memori masa lalu. Namun saya sebetulnya saya dulu juga senang sama kamu. Tapi nunggu-nunggu kamu ngga pernah ngomong  I love You. Jadi saya juga ragu. Ya, ketika ada orang yang bilang, “Aku cinta padamu”, dari orang yang sekarang menjadi suamiku, abis kamu gak pernah ngomong sih.”

Menyatakan cinta dengan perkataan adalah hal yang sangat penting supaya kita mengetahui apa yang ada di dalam hati orang. Apalagi kepada anak-anak kita. Ada banyak ayah yang begitu kaku, keras. Dia berkata, “Saya sih sayang sama anak saya…saya tidak pernah ngomong bahwa saya sayang karena nanti dia ngelunjak dan kurang ajar sama saya.“ Saya rasa hal ini sangat keliru. Kasih harus diucapkan. Saya sering berkata kepada tiga anak saya, “Papa sayang sama kamu.” Kalau saya ada di luar kota, saya menelpon mereka, “Halo, apa kabar? Gimana hari ini? Lalu saya bilang, “Papi sayang sama kamu ya! Papi berdoa terus buat kamu!” Penting untuk diberitahukan bahwa mereka dikasihi. Itu yang akan menumbuhkan perasaan dicintai.