Penerimaan dan Penghargaan 08

Penerimaan dan Penghargaan 08

Perasaan Aman

Seorang memerlukan perasaan aman dan di’ayomi. Ada tempat pegangan untuk dia berpaut, tempat berteduh, baik secara fisik dan secara jiwa. Mereka harus mengetahui kepada siapa mereka harus lari ketika membutuhkan pertolongan dan perlindungan. Itulah yang dibutuhkan dari seorang anak, rasa aman.

Cara-Cara Untuk Mendapatkan Perasaan Aman

Orang-Tua Hidur Harmonis

Rasa aman bisa dinikmati oleh seorang anak, apabila dia melihat ayah dan ibu hidup secara harmonis. Mereka akan melihat kalau orang tuanya saling mencintai maka mereka merasa aman. Pertentangan antar orang tua, apalagi perceraian akan membingunkan seorang anak. Saya pernah mendengar ada suami isteri yang bertengkar begitu hebat, lalu dia berkata, “Ok, kalau begitu”. Si suami berkata, “Anak satu, dua, tiga semuanya ikut saya!, Kita cerai saja!” Isterinya berkata, “Siapa takut…anak lima, enam dan tujuh, ikut saya! Mendengar itu, anak yang nomor empat yang di tengah kaget. “Wah…kalau begitu saya ikut siapa? Kasihan sekali, dia tidak merasa aman. Dia tidak tahu kemana harus pergi, kalau dia mengalami masalah.

Penelitian terhadap para remaja pengguna narkoba menunjukkan bahwa mereka mengkonsumsi narkoba; narkotika, obat bius, minuman-minuman keras karena, Satu, Pertentangan, tidak pernah akur, berantem melulu bahkan ingin bercerai; Dua, mereka tidak menyukai diri sendiri karena terlalu sering dikritik, diejek sehingga mereka ingin mengubah kepribadian supaya kelihatannya lebih hebat; Ketiga, tekanan kelompok sebaya dan lingkungan buruk sehingga mereka ikut-ikutan.

Ingat, alasan nomor satu mengapa para remaja menggunakan narkoba, karena pertentangan orang tua. Orang tua tidak hidup rukun. Namun tidak berarti bahwa tidak ada perbedaan dan tidak pernah ada konflik. Kita harus realistis bahwa konflik bisa terjadi di dalam rumah tangga. Namun cinta harus lebih dari konflik yang terjadi. Seorang anak harus melihat bahwa keharmonisan itu harus lebih sering dan merupakan gaya hidup sehari-hari dibandingkan dengan konflik kecil yang sekali-kali bisa saja terjadi. Sebab, cinta bisa mengatasi konflik. Namun kalau orang tua bertengkar terus, anak merasa tidak aman.