Online Media Storage

Online Media Storage

Dengan harddisk virtual, anda bisa menyimpan file dan mengaksesnya di mana saja. Lebih dari itu, anda bahkan bisa melakukan pengolahan dokumen di dalamnya.

Praktis adalah sebuah kata yang dapat menggambarkan kehidupan modern saat ini, saat teknologi berkembang yang tidak lain disebabkan adanya permintaan dari pasar itu sendiri. Hal tersebut dapat anda perhatikan pada penggunaan internet saat ini. Teknologi Cloud telah memberikan denifisi baru yang membuat batas antara benda fisik dan virtual menjadi tipis.

Media storage berbasis Cloud Computing adalah model penyimpanan jaringan online yang menyimpan data pada penyimpanan virtual yang umumnya diselenggarakan oleh pihak ketiga. Perkembangan basis Cloud ini sedikit menggeser keberadaan media storage fisik karena kemudahan akses tanpa dibebankan pada fisik medianya. Kita hanya memerlukan networking lewat internet. Selain itu, kelebihan lain dari segi kemudahan, kepraktisan, efisiensi, dan efektifitas menjadi daya tarik sendiri. Secara garis besar, kita dapat mengakses data yang kita simpan di mana saja dankapan saja dengan syarat, kita memperoleh koneksi internet.

Saat ini, telah hadir banyak layanan berbasis Cloud yang menawarkan tidak hanya unsur Virtualization, tetapi juga pengendalian secara penuh seperti yang disediakan oleh layanan Microsoft Private Cloud. Namun, layanan ini lebih ditujukan untuk segmen korporat dalam membangun dan menjalankan urusan bisnis.

Lalu, adakah layanan berbasis Cloud untuk personal user? Jawabannya tentu saja ada. Bahkan beberapa ada yang menawarkan secara Cuma-Cuma. Keberadaan layanan tersebut muncul karena saat ini akses internet sudah mudah untuk diperoleh. Anda pun tidak memerlukan media fisik seperti harddisk jika nyatanya anda sudah bisa mengakses internet di mana pun anda berada.

Jika anda membandingkan dengan media fisik, akan timbul pertanyaan berapa banyak kapasitas yang diperlukan? Apakah 40 GB, 250 GB, 500 GB, atau bahkan 1 TB? Online media storage mampu menawarkan hal serupa, bahkan dengan penawaran harga yang lebih hemat dengan segala kelebihannya.

DROPBOX

DropBox merupakan online media storage yang secara otomatis terintegrasi dengan komputer kita. Artinya, kita kita menyimpan file, seperti teks dokumen, spreadsheet, musik, video dan foto, dengan meng-upload-nya ke Dropbox, file tersebut secara otomatis tersimpan juga di komputer user, smartphone (jika menggunakan  perangkat mobile), dan Dropbox werbsite. Selain itu, Dropbox juga menyediakan fasilitas folder sharing. Fasilitas ini membuat user dapat memberikan kuasa kepada orang lain, seperti kerabat, untuk dapat mengakses file yang tersimpan di dalam folder yang anda share.

Langkah instalasi:

  1. Download aplikasi Dropbos di https://www.dropbox.com
  2. Setelah selesai di-download, jalankan aplikasi Dropbox. Tunggu hingga proses instalasi selesai.
  3. Lakukan registasi dengan mengisi username dan password.
  4. Jika sudah, lakukan verifikasi melalui e-mail yang anda gunakan.
  5. Instalasi selesai, anda kini sudah dapat menggunakan Dropbox.

Upload dan Download File

Untuk proses upload pada Dropbox terdapat dua cara, yaitu melalui website Dropbox atau langsung melakuakn drag and drop pada folder Dropbox di komputer anda.

Biasanya, folder Dropbox terletak di C:\User\nama pengguna\Dropbox. Sedangkan untuk proses download, anda dapat melakukan klik ganda pada file yang akan di-download atau melakukan klik kanan lalu pilih Download.

Folder Sharing

Di Dropbox, anda juga memberikan kuasa kepada orang lain untuk dapat mengakses folder yang anda miliki. Namun, sebelumnya anda harus melakukan invite terlebih dahulu.

  1. Beri nama folder yang akan di share.
  2. Lalu Invite kerabat atau teman yang akan anda berikan kuasa.

 

Box.net

Seperti halnya, Dropbox, Box.net juga merupakan fasilitas online media storage. Bedanya, Box.net tidak terintegrasi dengan komputer anda. Namun, kabar baiknya untuk account yang bersifat free, Box.net menyediakan fasilitas yang lebih besar, yaitu 5 GB.

Langkah Penggunaan:

  1. Kunjungi alamat http://www.box.com/
  2. Lakukan sign up untuk membuat account baru.
  3. Setelah informasi data diri telah diisi, akan muncul e-mail pemberitahuan agar anda melakukan verifikasi account.
  4. Selesai.

Upload File

  1. Untuk melakukan upload, terdapat dua cara. Cara pertama, anda dapat melakukan drag and drop file dari komputer anda ke website Box.net. Cara kedua , anda dapat menggunakan tombol Upload yang terletak di pojok kanan atas. Sebagai tambahan, anda dapat melakuakn upload lebih dari satu file secara bersamaan.
  2. Box.net juga menyediakan fasilitas data share sehingga anda dapat membagikan file atau informasi kepada kerabat anda. Namun, sebelumnya, untuk menjaga otentikasi, anda diharuskan melakukan Invite dengan mencantumkan alamat e-mail kerabat anda.

Web Document

Hal yang menarik dari penyedia online storage ini adalah adanya dokumen editor, sehingga anda dapat membuat ataupun melakuan editing terhadap file text. Sayangnya, fitur yang dimilikinya masih sangat minim, seperti pengaturan font, align, number, table, image, dan lain-lain. Sebagai informasi untuk web browser tertentu seperti Mozilla Firefox, fungsu copy, cut, dan paste tidak didukung untuk melindungi informasi usuer. Namun begitu, anda masih dapat menggunakan fungsi copy, cut dan paste dengan terlebih dahulu melakukan modifikasi terhadap browser yang digunakan.

Adobe Acrobat Online Storage

Anda tentu familiar dengan Adobe Acrobat sebagai aplikasi untuk mengakses dokumen PDF. Kali ini, Adobe Acrobat hadir dengan layanan baru berbasis Cloud. Layanan ini menyediakan kapasitas 5 GB untuk penggunaan free. Ada beberapa hal menarik yang membedakan layanan yang diusung Adobe Acrobat dengan layanan online storage lain seperti Buzzword, Hold Web Conference, dan Share Reports. Untuk lebih jelas, simak penjelasan berikut.

Upload File

Terdapat tiga cara untuk meng-upload file pada layanan ini, yaitu:

  1. Cara paling mudah adalah melakukan drag and drop di drive PC anda. Namun, untuk dapat menggunakan kemampuan ini, anda harus terlebih dahulu melakukan instalasi aplikasi Client Cloud Drive.
  2. Copy dan paste. Cara kedua ini sama mudahnya dengan cara yang pertama. Untuk melakukan upload, cukup lakukan klik kanan pada file yang akan di-upload lalu copy. Cara kedua ini sama seperti cara pertama, cara ini membutuhkan aplikasi Client Cloud Drive.
  3. Cara ketiga, yaitu melakukan klik pada tombol Upload pada toolbar menu. Pilih file pada popup dialog box, lalu klik Open untuk memulai upload.

Penggunaan Cloud Drive

Cloud Driver merupakan software client yang dikhususkan untuk Adobe Acrobat Online Storage Service. Dengan Cloud Driver, user dapat mengakses file dari menu desktop tanpa harus membuka aplikasi browser, sama seperti Dropbox. Bedanya, Cloud Drive hanya berfungsi sebagai aplikasi perantara saja, sedangkan untuk kemampuan Cloud Storage tetap disediakan oleh Acrobat.

Untuk menggunakan Cloud Drive silakan download tools CloudDriveInstaller yang ukurannya tidak lebih dari 2 MB dari link http://www.driveoncloud.com/. Simpan file hasil download lalu instalasi ke sistem.

Setelah proses instalasi selesai, jalankan aplikasinya. Kemudian akan muncul jendela baru untuk memasukkan user name dan password.

Pada tahap ini, anda dapat menggunakan account Adobe Acrobat jika anda telah memiliki account ini sebelumnya. Namun, jika belum, anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu di website https://acrobat.com/CreateAccount.html.

Jika sudah, anda akan menerima e-mail untuk verifikasi dan anda sudah dapat menikmati layanan online storage yang disediakan oleh Adobe Acrobat tanpa harus membuka browser. Anda cukup menjalankan aplikasi Clound Drive saja.

Mengakses Kemampuan Lain Acrobat

Salah satu keunggulan layanan berbasis Cloud adalah tidak adanya ketergantungan spesifikasi komputer yang digunakan, seperti processor, memory, video card, bahkan sistem operasi. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh layanan Cloud seperti Adobe Acrobat.

Acrobat memiliki Buzzword, yaitu aplikasi pengolah dokumen. Anda dapat melakukan import jenis file dokumen seperti doc, docx, xml, odt, txt, dan rtf ke aplikasi Buzzword. Anda juga dapat melakukan eksport ke dalam format doc, docx, xml, odt, txt, dan rtf atau bahkan mengubahnya menjadi format pdf. Selain itu, Buzzword juga mendukung dokumen file untuk presentasi dan tabel.