Online Media Storage 02

Online Media Storage 02

Google Docs

Salah satu layanan berbasis Cloud yang cukup powerful dihadirkan Google. Google Docs adalah layanan pengolah kata, presentasi, formulir, dan penyimpanan data berbasis web gratis dari Google. Untuk layanan ini Google memberikan kuota sebesar 1 GB untuk yang dapat diakses secara free.

Untuk mengakses Google Docs, anda dapat membuka www.docs.google.com kemudian lakukan sign in. Google telah mengintegrasikan Google Universal Account sehingga anda dapat mengakses semua layanan yang ditawarkan Google dengan satu account saja, seperti layanan Google + dan Gmail.

Dengan Google Docs, anda dapat membuat berbagai tipe dokumen dari teks, tabel, hingga gambar. Untuk lebih jelas, berikut ini fitur yang ditawarkan Google Docs:

  • Document: membuat dokumen standar, seperti Microsoft Word atau Open office doc.
  • Presentation: membuat dokumen presentasi layaknya Power Point.
  • Spreadsheet: membuat dokumen Spreadsheet seperti Excel.
  • Form: membuat form aplikasi input data atau polling yang bisa anda kirim ke e-mail rekan anda atau ditempelkan di blog.
  • Drawing: aplikasi menggambar diagram sederhana seperti bagian organisasi dan flowchart.
  • Table: membuat data tabel dan grafik.
  • Collection: membuat folder untuk manajemen file.

Fasilitas Upload dan Download

Untuk fungsi upload, anda dapat menggunakan tombol Upload yang terletak pada tab menu atau anda dapt melakukan drag and drop secara langsung. Cara ini lebih efisien menurut kami.

Pada proses upload akan dilakukan, Google akan melakukan konfirmasi untuk setting file yang akan di-upload. Secara default, file akan menjadi format Google Document sehingga anda dapat melakukan editing hingga akhirnya file dokumen anda selesai dibuat. Bagusnya lagi, file yang buat dapat di-export menjadi file format HTML, Open Document, PDF, RTF, Plain Text, dan Microsoft Word.

See Revision History

Fitur ini sangat berguna saat document sharing ketika kita melakuakn pengerjaan dokumen bersama dengan teman kita. Bisa saja suatu ketika anda tidak setuju dengan revisi yang dilakukan teman anda. Namun, anda tidak harus mengganti lagi atau mengulang dokumen yang telah dibuat. Anda cukup mengklik tombol See Revision History yang terletak pada submenu file atau anda dapat menggunakan shortcut: Alt + Ctrl + G.

Translate Document

Anda tentu familiar dengan Google Translate. Fitur tersebut ternyata diterapkan pada layanan Google Docs. Anda dapat dengan mudah menerjemahkan dokumen yang anda miliki ke dalam bahasa lain secara mudah. Namun, perlu diperhatikan karena ada beberapa hasil terjemahannya karena ada beberapa kata yang kurang tepat diterjemahkan.

GDocsDrive

GdocsDrive merupakan aplikasi client untuk mengatur dokumen pada Google Docs. Dengan aplikasi ini, anda tidak perlu membuka browser layaknya aplikasi Cloud Driver untuk layanan Adobe Acrobat Online Storage.

Microsoft Skydrive

Anda user account Hotmail, Windows Live Messeger, atau Xbox LIVE? Jika ya, anda bisa mengakses layanan berbasis Cloud yang disediakan oleh Microsft, Skydrive. Namun, jika belum, anda dapat melakukan registrasi untuk membuat account baru melalui alamat https://sigup.live.com.

Anda cukup mengisi data diri yang diminta lalu tekan Accept. Beberapa saat kemudian akan muncul e-mail verifikasi untuk mengaktifkan account anda dan layanan Skydrive pun sudah bisa anda gunakan.

Keunggulan Skydrive

Saat ini, aplikasi layanan berbasis Cloud sudah mulai banyak dijumpai. Masing-masing memiliki fitur dan aplikasi yang diunggulkan. Hal serupa juga diterapkan pada Skydrive besutan Microsoft ini. Rata-rata layanan online storage untuk account gratis hanya memberikan kuota kapasitas penyimpanan sebesar  5 GB saja. Skydrive dengan percaya diri muncul dan memberikan kuota ekstra besar. Tidak tanggung-tanggung. Layanan ini menyediakan kapasitas hingga 25 GB secara gratis. Selain itu, jika anda user Hotmail, saat ada attachment di Hotmail, file attachment tersebut langsung dapat langsung anda simpan di Skydrive.

Skydrive Web App

Bukan Microsoft namanya jika tidak memberikan aplikasi yang powerful. Skydirve menyediakan empat buah aplikasi web dokumen (Office Web App), di antaranya Word Web App, Excel Web App, PowerPoint Web App, dan OneNote Web App. Office Web App adalah Microsoft Office vesi web sehingga anda dapat membuat dokumen Word, Spreadsheet, atau PowerPoint tanpa perlu menginstal apa pun di PC. Anda hanya memerlukan internet dan dukungan browser saja.

Keempat aplikasi tersebut cukup familiar dengan anda yang kerap menggunakan  Microsoft Office. Hal tersebut tentu menjadi kelebihan tersendiri karena anda hanya perlu sedikit beradaptasi untuk menggunakan seluruh fitur yang disediakan. Sebagai tambahan, anda juga tidak harus menggunakan browser bawaan Microsoft Internet Explorer, anda dapat menggunakan browser yang mendukung HTML5, seperti Firefox dan Google Chrome.

Untuk melakukan editing file yang telah anda buat, cukup lakukan klik ganda pada file yang dimaksud atau lakukan klik kanan lalu pilih Edit in Browser.

Sebagai layanan berbasis Cloud, tidak sempurna jika file yang kita simpan tidak dapat di-share ke publik. Oleh karena itu, Skydrive menyediakan fasilitas Share dengan cara melakukan Invite ke e-mail teman-teman anda. Untuk menjaga otentifikasi, Skydrive akan memberikan konfirmasi untuk file yang akan di-share ke user lain agar user lain tersebut dapat melakukan edit atau hanya sebatas sebagai viewer saja.

Fasilitas Upload dan Download

Untuk fasilitas Upload, anda dapat menggunakan tombol Add Files yang terletak sejajar dengan barisan Create Web App. Selain itu, Skydrive juga mendukung fungsi drag and drop untuk Upload. Sedangkan untuk fasilitas Download, anda bisa men-download sekumpulan file dalam format zip.

SDExplorer

Seperti halnya CloudDrive maupun GDocsDrive, SDExplorer memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk mengintegrasikan Skydrive di PC anda. Untuk menjalankan SDExplorer, terlebih dahulu anda harus melakukan instalasi aplikasi ini. SDExplorer bisa diperoleh di http://www.cloudstorageexplorer.com.