Mengontrol Windows 7 (bag 05)

Mengontrol Windows 7 (bag 05)

 

Menonaktifkan Sticky Keys dan Filter Keys

Microsoft Windows mempunyai beberapa pilihan aksesbilitas yang sangat penting bagi user yang membutuhkannya. Namun, beberapa fitur tersebut dapat menjadi gangguan kecil bagi user yang tidak membutuhkannya. Sebagai contoh, tekan Shift lima kali berturut-turut dengan cepat. Anda akan melilhat kotak dialog Sticky Keys.

Bagi beberapa user, mengaktifkan Sticky Keys sangat penting untuk interaksi dengan komputer dan sistem operasi. Namun, bagi kita, yang secara tidak sengaja menekan tombol Shift berulang-ulang ketika sedang berpikir, hal tersebut dapat mengganggu. Kabar baiknya adalah anda dapat menghentikannya dengan satu kali perjalanan ke Control Panel dan beberapa klik mouse  di tempat tertentu.

  • Jika kotak dialog Sticky Keys masih tampil di layar, klik link di dalam boks.
  • Jika tidak, buka Control Panel  dan klik Ease of Access.
  • Pada layar berikutnya, klik Change how your keyboard works.
  • Di bawah bagian Make it easier to type, secara type sebagian besar item tidak dicentang. Namun itu tidak mencegah Windows untuk menanyakan apakah anda ingin mengaktifkan fitur jika kebetulan tombol ditekan.

Untuk menonaktifkan kotak dialog (dan mengurangi gangguan), kita harus menggali sedikit lebih dalam.

  • Klik Sticky Keys untuk membuka layar konfigurasi.
  • Pada layar tersebut, hilangkan tanca centang pada Turn on Sticky Keys when SHIFT is pressed five times. Ini akan mencegah Windows uuntuk menanyakan apakah anda ingin mengaktifkan fitur.

Firut lainnya yang terkait adalah Filter Keys, yang dipicu bila anda terus menakan tombol Shift kanan selama 8 detik. Anda dapat menonaktifkannya dengan mengklik Set up Filter Keys lalu menghilangkan tanda centang pada Turn on Filter Keys when right SHIFT is pressed for 8 second. Dengan tidak mencentang kedua boks (dengan asumsi anda tidak memerlukan fitur aksesbilitas ini), anda telah menghilangkan dua gangguna kecil Windows sehingga tidak muncul lagi.