Mengontrol Windows 7 (bag 07)

Mengontrol Windows 7 (bag 07)

Mengelola Proses Autorun

Biasanya user atau administrator dapat mengatur proses autorun  dan service di Windows 7 dengan menggunakan kombinasi Task Manager dan Services. Namun, mengapa harus repot-repot menggunakan kedua toola itu jika anda bisa melakukan semua proses manajemen yang dibutuhkan dengan satu tool. Tool yang kita bicarakan ini dibuat oleh Microsoft Sysinternals dan bernama AutoRuns.

AutoRuns memungkinkan kita untuk mengelola setiap proses autorun dan service pada sistem. Ini mencakup semua proses yang terkait dengan Logon, Explorer shell extensions, Internet Explorer, Schedule, Task, Services, Drivers, Winsock Providers, Print Monitor, LSA Providers, Sidebar Gadgets, Codecs Boot Execute, Image Hijacks, AppInit, KnowDLL, dan Winlogon notifications.

Semua proses di atas dapat dikelola dari satu jendela. Namun, itu belum semua. Dengan AutoRuns, anda juga dapat membuka entri yang terkait dengan masing-masing jendela manajemen task terpadu serta mendapatkan informasi online tentang setiap task dengan mengklik kanan.

Yang paling mengesankan dari tool ini adalah anda bisa dengan cepat melihat task pihak ketiga yang tidak ditandai oleh Microsoft. Ini memungkinkan kita untuk menemukan proses dan service “nakal” yang bisa saja virus atau software berbahaya lainnya. Bagaimana ini dilakukan? Mari kita pelajari.

AutoRuns bersifat portabel sehingga tidak ada instalasi yang diperlukan. Cukup download dari situs Sysinternals, ekstrak file, dan copy AutoRuns ke tempat yang anda inginkan (termasuk USB flash drive sehingga anda dapat menggunakannya pada setiap sistem anda urus).

Sekali waktu, anda mungkin perlu menjalankan AutoRuns sebagai administrator. Sysinternals menyadari hal ini dan menambahkan sebuah entri bernama Run as Administrator di menu File. Jika anda klik itu, anda akan diminta untuk memasukkan password administrator. Dengan melakukan ini, anda dapat mengakses lebih dibandingkan user biasa.

Ketika menjalankan AutoRuns, anda hanya akan melihat satu jendela. Anda juga akan melihat banyak tab di dalamnya. Masing-masing tab menangani service tertentu, aplikasi, dan lain-lain. Mari kita lihat langkah-langkah untuk menonaktifkan proses non-Windows atau non-Microsoft.

  • Pertama, klik Options
  • Hide Microsoft and Windows Entries
  • Selanjutnya klik file
  • Refresh atau tekan F5, untuk memperbarui tampilan sehingga hanya melihat proses yang non Microsoft atau non Windows.
  • Cari proses yang diinginkan. Anda dapat melakukannya dengan menggulung daftar pada tab Everything.
  • Mengklik tab yang terkait dengan proses yang anda cari
  • Atau mengklik File selanjutnya Find.
  • Selanjutnya, matikan proses. Untuk melakukannya, anda hanya perlu menghilangkan tanda centang pada boks di sebelahnya.
  • Setelah anda melakukan ini, proses secara otomatis akan dinonaktifkan, tidak perlu untuk menyimpan.

Jika ada proses yang anda curigai, pastikan anda menjalankan AutoRuns sebagai administrator. Pilih Proses, kemudian pilih Options selanjutnya Verify code signatures.

Perbarui tampilan dengan menekan F5. Pastikan semua proses yang ditampilkan statur Publisher-nya adalah Verified, jika tidak, bisa jadi itu adalah tersangkanya.

Perlu diingat bahwa proses verifikasi bisa memakan waktu cukup lama, bergantung pada berapa banyak service yang dijalankan. Jika opsi Verified diaktifkan, starup AutoRuns juga bisa memakan waktu lebih lama. Selain untuk mengelola, semua aplikasi autorun dan service, anda juga dapat menggunakan AutoRuns untuk menjaga komputer anda dari proses “nakal”.

 

Iklan