Mengontrol Windows 7 (bag 08)

Mengontrol Windows 7 (bag 08)

 

Menghentikan Proses “Nakal”

Terlepas dari sistem operasi yang digunakan, kadang-kadang kita harus menghentikan proses nakal secara manual. Biasanya, ini dapat dilakukan dengan mudah dengan bantuan Task Manager. Namun kadang-kadang, tool ini tampaknya tidak mampu menghentikan proses nakal. Anda mungkin pernah mengalami keadaan ketika anda mencoba menghentikan suatu proses, tetapi tidak ada reaksi.

Ketika ini terjadi, kita harus menggunakan tool yang lebih kuat, yaitu taskkill, yang digunakan dari command lina. Untuk menjalankan taskkill, kita buka jendela command dengan menekan Win+R kemudian ketikkan “cmd”.

Syntax perintah taskkill adalah taskkill options > PID.

Salah satu opsi paling berguna adalah switch help:taskkill/?

Beberapa opsi taskkill adalah /S system, di mana system adalah komputer remote. Default-nya adalah komputer lokal. Jadi, jika digunakan pada komputer lokal, anda tidak harus menggunakan opsi ini ;/U domain\username, di mana domain adalah domain dan user name yang digunakan.

Opsi ini memungkinkan kita untuk menjalankan taskkill dengan hak akses username atau domain\user tertentu, anda juga harus menggunakan opsi /P, untuk menentukan password user.

/F untuk menghentikan proses secara paksa

/IM untuk menggunakan nama aplikasi, bukan PID (nomor ID proses).

Cara paling mudah untuk menghentikan aplikasi nakal adalah menggunakan opsi /IM, seperti taskkill/IM application_name, di mana application_name adalah nama aplikasi yang ingin dihentikan.

Sebagai contoh, Outlook menolak untuk ditutup. Untuk menutupnya dengan taskkill, jalankan perintah, taskkill /IM outlook.exe.

Katakanlah anda tidak tahu nama aplikasi, tetapi anda tahu PID-nya, untuk memhentikan proses dengan PID 572, jalankan perintah taskkill /PID 572.

Bagaimana jika anda ingin menghentikan semua proses yang dimiliki oleh seorang user? Ini berguna jika ada sesuatu yang kacau dengan account user atau jika user telah log out, tetapi beberapa proses yang dimiliki oleh user tersebut masih berjalan. Untuk mengatasi ini, jalankan perintah taskkill /F/FI “USERNAME eq usernama” di mana USERNAME adalah username sebenarnya yang memiliki proses. Anda harus menggunakan proses USERNAME untuk memberitahu taskkill bahwa anda menentukan username.

Sebagai contoh, sesuatu telah mengunci desktop anda dan anda tahu persis aplikasi mana pelakunya. Mari kita gunakan contoh Outllok dari sebelumnya. Anda dapat melompat ke komputer lain dan menghentikan aplikasi secara remote dengan menjalankan perintah taskkill /S system/ U damain\username/IM outlook.exe, di mana system adalah alamat IP dari komputer remote (Anda bisa menggunakan nama host jika komputer bisa saling melihat dengan nama host), DOMAIN adalah domain, jika berlaku, dan USERNAME adalah username yang digunakan untuk otentikasi ke komputer remote.

Kemmapuan dan kekuatan yang dimiliki taskkill bisa sangat berharga dan mungkin menghindari anda dari proses reboot mesin. Bersama dengan Task Manager, taskkill akan membantu menjaga komputer anda tetap operasional. Dan, anda memiliki kemampuan untuk mengelola task ketika virus, toolkit, atau trojan mengambil alih komputer anda.