Mengontrol Windows 7 (bag 10)

Mengontrol Windows 7 (bag 10)

 

Membuat Partisi Baru

Setelah mengecilkan volume, anda dapat membuat partisi baru pada ruang kosong yang baru dan menciptakan harddisk logical baru untuk sistem operasi. Klik kanan pada area kosong dan pilih New Simple Volume.

Windows akan menampilkan wizard. Klik Next pada layar Welcome untuk memulai proses. Anda dapat menbaginya menjadi beberapa drive, tetapi default-nya adalah menggunakan seluruhnya untuk volume baru. Pada layar berikutnya, anda dapat menetapkan huruf drive atau path ke volume baru. Anda memiliki tiga pilihan.

Pilihan pertama adalah Assign the following drive letter. Pada pilihan ini Windows menyarankan huruf drive yang tersedia berikutnya. Ini adalah default dan opsi yang paling sering sering di pilih.

Pilihan kedua adalah Mount in the following empyt NTFS folder. Pada pilihan ini, daripada menggunakan huruf drive, anda dapat me-mount drive ke folder. Ini membuat drive mempunyai tampilan dan beroperasi seperti folder dalam Windows.

Pilihan ketiga adalah Do not assign drive letter or driver path. Pilihan ini tidak memberikan huruf drive atau path. Anda harus memberikan huruf drive atau path supaya drive dapat digunakan untuk penyimpanan. Kita gunakan saja pilihan default.

Layar berikutnya mengenai format drive. Biasanya, kita harus memformat drive dengan sistem file NTFS, tetapi kita juga dapat menggunakan FAT32. Setting default lainnya yang tidak boleh diubah keculai jika anda memiliki alasan tertentu adalah Allocation unit size.

Anda harus memberikan label ke drive untuk membantu membedakan drive baru dari drive lain pada sistem. Quick format akan memakan waktu lebih singkat, tetapi ia tidak akan mencari dan menandai bad sector pada drive yang dapat menyebabkan masalah di kemudian hari.

NTFS mempunyai sistem komperasi yang pada dasarnya tidak sulit bagi pengguna dan bisa menjadi pilihan yang baik jika ruang penyimpanan terbatas.

Setelah format selesai, anda akan memiliki drive baru yang dikenali oleh Windows 7 dan siap untuk menyimpan file anda.

Pada layar terakhir wizard, anda dapat melihat ringkasan pilihan dan memberi anda kesempatan untuk kembali dan membuat perubahan. Bila sudah puas dengan pilihan anda, klik Finish.

 

SELESAI