Kebutuhan Pujian dan Disiplin 04

Kebutuhan Pujian dan Disiplin 04

Saudara-saudara, kita harus tahu ada sifat keras daripada kasih, dan sifat keras itu adalah disiplin. Mungkin ada sifat lunak dari kasih yang kita bisa lakukan juga, kita bisa mengasihi dia, mencintai dia, kita bisa memuji anak kita, tetapi jangan lupa disiplin merupakan sisi keras daripada kasih.

Seperti dua sisi dari satu mata uang logam yang sama. Kita harus memberikan keduanya kepada anak kita. Kasih itu bisa berarti mencintai, tetapi kasih juga bisa berarti menegur dan mendisiplin. Bagaimana cara melakukan disiplin yang baik. Pertama, tingkah laku yang salah yang disengaja, harus dihukum dengan segera. Kebohongan harus ditangani lebih tegas daripada semangkok sup yagn tumpah tanpa disengaja. Kalau anak kita bawa makanan, lalu terpeleset, karena dia tidak sengaja. Tapi kalau dia bohong, kalau dia berdusta, kalau dia menipu, wah kita harus mendisiplinkan dia.

Saudara, kalau anak kita menangis, coba kita cek. Kalau dia lapar, kasih makan. Kalau dia sakit, kasih obat. Kalau kalau dia tidak lapar, tidak sakit, tapi nangis karena berontak, itu harus disiplinkan. Sebab pemberontakan yang dibiarkan akan melahirkan kriminal-kriminal, yang akan membuat anak kita masuk di dalam penjara pada saat dia sudah dewasa. Disiplinkan ketika kita mampu melakukannya. Yang kedua, jangan menghukum mereka dengan membuat mereka melakukan hal-hal yang seharusnya mereka nikmati.

Misalnya, jangan orang tua memaksa anak membaca Alkitab sebagai hukuman, mengapa, sebab Alkitab itu harus dibaca sebagai sesuatu yang dinikmati, menyenangkan, bukan sebagai hukuman. Tetapi hukum mereka untuk tidak melakukan sesuatu yang setiap hari mereka bisa nikmati. Contohnya, menonton televisi, itu salah satu jenis hukuman, karena mereka biasanya menikmati nonton televisi. Peraturan jangan terlalu banyak, membingungkan, sedikit saja. Tetapi betul-betul diterapkan betul-betul pelaksanaannya, dengan demikian si anak akan bertumbuh sebagai pribadi yang baik yang matang dan bertanggung jawab.