Penghambat Kebahagian Keluarga 04

Penghambat Kebahagian Keluarga 04

CEMBURU

Cemburu artinya mempunyai sikap curiga, kurang percaya yang berlebihan dan biasanya disebabkan karena pengalaman masa lalu. Mungkin partner, dirinya sendiri pernah berselingkuh atau tidak setia. Dia selalu menghubung-hubungkan pengalaman masa lalu dengan pengalaman masa kini. Kadang-kadang ada orang yang terlalu berlebihan dan tidak logis lagi mencurigai pasangannya. Mungkin dia pikir suami atau isterinya itu akan bertambah cintanya kalau dicemburui. Namun sebaliknya malah membuat tambah sebal. Cemburu adalah tanda kurang percaya kepada pasangan kita.

Bayangkan kalau ada suami yang cemburuan sekali kepada isterinya. Isterinya bicara dengan orang lain di marahi. Isterinya bicara dengan pria lain, padahal, urusan sosial, tidak diijinkan. Isteri naik delman saja dia bertanya, “Kudanya laki atau perempuan.” Tentu saja ini mengganggu hubungan keluarga. Sebenarnya daripada terus menerus mencurigai lebih baik mendoakan supaya Allah yang menjaga hati pasangan hidup kita. Sebab, kalau kita memata-matai terus sampai sejauh mana sih kita bisa memperhatikan pasangan kita.

Kalau Allah yang menjaga hatinya maka penjagaannya akan berlangsung sampai seterusnya. Bagaimana mengatasi rasa cemburu? Cemburu bisa diatasi dengan kasih. Di dalam 1 Korintus 13: 4-7 tertulis, “Kasih itu sabar; kasih itu murah hatil; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu.”

Orang yang mengasihi tidak cemburu. Orang yang mengasihi mempercayai segala sesuatu. Kalau memang masa lampau ada peristiwa negatif di dalam kehidupan kita, dengan kasih, marilah kita mengampuni dan melupakan masalah negatif tersebut. Karena di dalam Ibrani 8: 12 dikatakan, “Tuhan menunjukkan kalau Dia mengampuni.” Artinya, Dia melupakan segala kesalahan kita. Kitapun harus belajar untuk melupakan semua pengalaman-pengalaman negatif dalam kehidupan kita dan percaya bahwa pasangan kita bisa berubah.