Mengatur Waktu dan Keluarga 03

Mengatur Waktu dan Keluarga 03

Milikilah Jadwal Harian

Saya menganjurkan saudara untuk menggunakan agenda. Ada buku agenda kecil yang kita bisa bawa tiap hari di dalam saku kita. Kita menulis apa yang akan kita lakukan pada hari ini. Janji-janji yang kita buat dan tugas-tugas yang harus kita kerjakan tulislah semuanya itu dan penuhilah jadwal harian itu dengan teratur. Anda harus menentukan prioritas apa yang perlu saudara lakukan. Kalau kita bisa menyeleksi, hal-hal yang lain kurang penting kita bisa mendelegasikan kepada orang lain sehingga dapat mengkonsentrasikan perhatian kita pada satu bidang yang harus kita lakukan.

Misalnya, kalau ada seorang ibu yang berpikir pada pagi hari ada tiga hal yang harus dia kerjakana, yaitu 1: memasak untuk suami yang akan pulang nanti siang, 2: membeli panci ke toko karena ada tawaran yang menarik, dan 3: mengirimkan surat ke kantor pos. Harus memilih mana yang paling penting. “Beli panci, ah itu kan bisa ditunda nanti saja kalau ada waktu senggang”, “Mengirim surat ke kantor pos, itu bisa didelegasikan kepada anak.” Tetai, oh, berarti yang pertama saya harus memasak untuk suami.” Yang penting waktu suami pulang, dia bisa dilayani dengan baik karena isteri tahu mengatur waktu dengan bijaksana.

Memanfaatkan Waktu Senggang untuk Keluarga

Walaupun kita sibuk, perhatikanlah keluarga kita masing-masing. Belajarlah merencanakan waktu kebersamaan bagi keluarga. Kita bisa makan bersama di luar, kita bisa piknik, berekreasi bersama-sama. Mungkin di satu gunung yang sejuk dan saling becanda satu dengan yang lainnya. Itulah komunikasi yang baik bagi anggota keluarga kita. Ingatlah keluarga adalah anugerah Allah yang terindah bagi kita.

Keluarga adalah pemberian yang sangat berharga yang harus kita pelihara sebaik-baiknya. Manfaatkan waktu senggang untuk keluarga. Kalau ada waktu kosong, pikirkanlah anakmu, pikirkanlah isterimu, pikirkanlah suamimu. Jangan hanya memikirkan hobbi diri sendiri saja.

Gunakanlah Waktu untuk Melayani Tuhan

Saya menganjurkan kalau saudara bangun pagi, berdoalah bersama dengan isteri, suami dan anak-anak. Adakan mezbah doa keluarga, altar keluarga. Anda bisa berdoa dan membaca firman Allah secara bersama-sama. Libatkan diri saudara dalam pelayanan bersama-sama. Saya yakin kalau saudara tidak suka membuang waktu tetapi mempunyai jadwal harian sesuai dengan agenda yang sudah dirancang. Manfaatkanlah waktu senggang untuk keluarga dengan menggunakan waktu untuk melayani Tuhan. Kebahagiaan Tuhan akan diberikan kepada keluarga kita masing-masing.

 

Iklan