Mengatur Waktu dan Keluarga 04

Mengatur Waktu dan Keluarga 04

Mengatur Keuangan dengan Bijak

Kita harus menyadari bahwa Allah itu adalah pemilik segala-galanya. Langit bumi dan segala isinya adalah kepunyaan Tuhan. Kita ini sebetulanya tidak mempunyai hak milik. Kita ini hanya mempunyai hak pakai. Kita adalah bendaharawan Allah yang harus mengelola atau mengatur harta milik yang Tuhan percayakan kepada kita.

Mempersembahkan Persepuluhan

“Bolehkah manusia menipu Allah? Namun kamu menipu Aku tetapi kamu berkata: dengan cara bagaimana kami menipu Engkau? Mengenai persembahan persepuluhan dan persembahan khusus, kamu telah kena kutuk tetapi kamu masih menipu. Aku dan seluruh bangsa. Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan supaya ada persediaan makanan di rumahKu dan ujilah Aku firman Tuhan semesta alam. Apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkat-tingkat langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan?” Maleakhi 3: 8-10

Orang Kristen harus menyadari baha 100% hidup kita itu sebetulnya adalah milik Tuhan. Namun Allah ingin agar kita tertib dalam memberikan persepuluhan seabgai tanda dari kita bahwa kita mentaati firmanNya. Kalau kita taat, Tuhan menjanjikan akan memberkati kita berlimpah-limpah. Anda harus mengetahui kalau anda mendapatkan untung bersih dari pekerjaan anda. Misalnya 10 juta rupiah, maka 1 juta rupiah adalah kepunyaan Tuhan. Kalau mendapatkan gaji 1 juta rupiah perbulan, maka 100 ribu rupiah adalah milik Tuhan, yang harus anda bawa kerumah Tuhan, ke gereja, di mana anda digembalakan.

Persembahan persepuluhan merupakan tanda bahwa Tuhan memberkati anda. Saya belajar memberikan persepuluhan sejak saya berusia 9 tahun. Kalau saya dapat uang 100 maka 10, saya sisihkan untuk Tuhan. Saya tidak suka menyisakan tetapi saya selalu menyisihkan. Menyisihkan itu berarti mengambil bagian yang terbaik. Kalau menyisakan itu artinya ya kalau masih ada lebihnya diberikan untuk Tuhan. Sisihkan bukan sisakan! Saya sudah melakukan sejak kecil sampai hari ini. Tuhan itu setia dengan janjiNya. Dia mencukupkan dengan apa yang saya butuhkan.

Apabila anda belum terbiasa dengan memberikan persepuluhan, saya mendorong anda untuk memberikan persepuluhan. Bawalah persembahan persepuluhan kalau anda dapat untung berapa saja. Ingat, 10% itu harus anda berikan kepada rumah Tuhan agar pekerjaan Tuhan juga semakin bertumbuh. Bahkan bukan hanya memberikan persepuluhan, anda juga bisa memberikan persembahan-persembahan lainnya. Persembahan khusus untuk pekerjaan Tuhan.

“Muliakanlah Tuhan dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari penghasilanmu, maka lumbung-lumbungmu akan diisi penuh sampai melimpah-limpah dan bejana pemerahanmu akan meluap dengan air buah anggurNya. Beri kepada Tuhan dan aku akan diberi berkelimpahan” Amsal 3: 9-10

Ada pepatah mengatakan, “Hemat pangkal kaya”, tetapi Alkitab mengajarkan memberi kepada Allah dengan sukacita membuat anda akan diberkati berlimpah-limpah. Percaya janji Allah lebih dari perkataan siapapun.