AMD EYEFINITY

AMD EYEFINITY

AMD Eyefinity adalah salah satu teknologi dari AMD yang diperkenalkan sejak tahun 2009. Teknologi yang sebelumnya dikenal dengan nama ATI Eyefinity ini adalah teknologi yang dapat menampilkan gambar pada tiga layar sekaligus sehingga kita dapat menikmati tampilan grafis yang lebih luas. Konsepnya, AMD Eyefinity memberikan tampilan gambar pada monitor seluas mata memandang dari kiri hingga ke kanan sehingga anda akan melihat tampilan pada layar dengan lebih nyata.

AMD Eyefinity dapat memberikan tampilan revolusi yang super dengan menggunakan tiga hingga enam monitor pada saat bersamaan. Teknologi ini mulai diterapkan oleh AMD pada graphics card AMD Radeon 5000 series. Dalam beberapa variannya, hanya graphics card dengan tipe Eyefinity six yang dapat menampilkan gambar dengan menggunakan enam monitor. Dengan demikian, graphics card AMD Eyefinity biasa hanya mampu mendukung penggunaan tiga hingga lima monitor.

Dibawah ini akan dijelaskan untuk membangun sebuah sistem dengan tiga monitor. Penjelasan ini juga dapat diterapkan apabila anda ingin menggunakan lima atau enam monitor karena konsepnya juga sama. Penjelasan ini akan menggunakan driver AMD Catalyst 12.6

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan monitor dan hardware yang akan digunakan. Dalam hal ini akan digunakan tiga buah monitor dan graphics card Sapphire HD 7870.
  2. Pastikan anda telah menginstall driver yang sesuai dengan graphics card yang digunakan. Kemudian, masuk ke dalam pengaturan AMD Catalyst Control Center. Versi kali ini adalah AMD Catalyst Control Center versi 12.6
  3. Pada tampilan awal menu Catalyst Control Center, pilih menu AMD Eyefinity Multi-Displays Group untuk membuat gabungan monitor dengan mode Eyefinity. Menu ini akan muncul apabila anda menggunakan lebih dari satu monitor.
  4. Proses selanjutnya adalah membuat group. Pada menu drop down di sebelah kanan anda, pilih mode 3×1 apabila anda menggunakan tiga monitor. Apabila anda menggunakan empat atau lima monitor, akan muncul pilihan lebih banyak lagi.
  5. Setelah selesai, maka tampilan monitor anda akan menjadi satu bagian. Perhatikan tampilan monitor. Sudah benar atau masih acak? Klik Arrange untuk mengatur urutan tampilan. Ikuti perintah selanjutnya dengan mengklik urutan monitor yang memunculkan warna biru pada menu Catalyst Control Center.
  6. Setelah pengaturan setting selesai, anda dapat menikmat pengalaman baru teknologi AMD Eyefinity. Selain horizontal view. Anda juga dapat memodifikasi monitor dengan tampilan vertikal saat menggunakan lima atau enam monitor.