Teknologi PC

Teknologi PC

CPU

Intel: Performa yang meningkat 40% dijanjikan Intel pada CPU generasi terbaru, Ivy Bridge. Pengganti Sandy Bridge ini telah tersedia dalamberbagai model dan didukung oleh banyak motherboard dari berbagai vendor. Ivy Bridge merupakan CPU pertama yang dibuat dengan transistor baru dengan proses produksi 22 nm. Transistor baru yang disebut “Tri-Gate transistor”, memiliki luas permukaan yang lebih kecil dan lebih tinggi. Transistor ini dilengkapi fin silikon yang memisahkan kedua ujung transistor. Dibanding pemisah datar dalam planar transistor, metode ini bisa meminimalisir kebocoran arus sehingga meningkatkan performa pada tegangan yang sama atau mengurangi tegangan pada performa yang sama. Selain untuk PC, chip dengan transistor jenis ini sangat cocok untuk perangkat mobile yang membutuhkan efisiensi daya. Intel menjanjikan peningkatan performa hingga 40% dibandingkan CPU Sandy Bridge pada kelas yang sama saat ini. CPU berbasis Ivy Bridge baru tersedia dalam 2 model atau 4 core. Jadi, masih kalah kuat dibandingkan Sandy Bridge Extreme dengan 6 core. Beberapa motherboard Sandy Bridge (chipset Z68, P67, H67) yang memiliki soket LGA 1155 juga kompatibel dengan CPU Ivy Bridge.

AMD: Apabila Intel mengoptimalkan proses produksi chip CPU, AMD memilih meningkatkan clockspeed CPU. Model kelas atasnya, A10 5800K clockspeed standar 3,8 GHz (turbo boost hingga 4,2 GHz). Clockspeed yang lebih tinggi dicapai AMD berkat penerapan arsistektur Piledriver. Pada arsistektur Bulldozer yang disempurnakan ini, setiap 2 core berbagi tugas dalam satu modus. Performa modulnya bisa dikatakan setara 1,5 core. Tetapi karena bekerja sangat cepat, AMD berharap CPU dengan metode modul ini tidak kalah dengan CPU Ivy Bridge. Menurut AMD, performa A10 5800K (Trinity berbasis Piledriver) meningkat sekitar 15% (GPU sekitar 30%) daripada versi sebelumnya (Llano). Hal ini hanya berlaku pada clock tinggi karena clock maksimal Llano hanya sekitar 3 GHz.

Saat core bekerja lebih cepat, konsumsi daya pun meningkat. CPU desktop Trinity mengonsumsi 125 W, sementara CPU desktop Ivr Bridge hanya sekitar 77 W. Namun, desktop bukanlah target utama AMD. CPU barunya ini didesain untuk bersaing disegmen Ultrabook/ultrathin. CPU Trinity mobile sudah lebih disempurnakan oleh AMD agar jauh lebih hemat daya. Produksinya telah dimulai dan beberapa notebook telah menggunakannya.