Teknologi PC 04

Teknologi PC 04

Graphics card: AMD vs nVidia

AMD mendahulu nVidia dengan graphics card PCIe 3.0 pertamanya, Radeon HD7970. Namun, dukungan PCIe 3.0 tidak signifikan mengangkat performanya mengingat hasil benchmark pada PCIe 2.0 tidak jauh berbeda. Adapun hasil benchmark 3DMark Vantage Extreme pada Radeon HD7970 adalah 17.500 poin (meningkat 50% dibandingkan HD 6970) Graphics card yang dapat memanfaatkan interface PCIe 3.0 di motherboard (transfer rate 8 GB/s) secara maksimal masih belum ada. Disini belum diadu pengujian antara Radeon HD7970 dengan GPU nVidia Kepler, seperti GeForce GTX 680. Hasil beberapa benchmark memperlihatkan Radeon HD 7970 sedikit di batah GTX 680. Persaingan kembali terjadi saat AMD merilis HD 7970 GHz Edition untuk merespon GeForce GTX 680, di mana kedua GPU saling menyalip dalam satu benchmark ke benchmark lainnya. Persaingan di antara kedua produsen ini sayangnya terkendala dengan terbatasnya kemampuan proses manufaktur dari TSMC sebagai pembuat kedua chip GPU tersebut.

Thunderbolt: Menggusur USB?

Inter vs Intel terjadi di tahun 2010 ini saat perangkat dengan koneksi interface USB 3.0 hadir bersamaan di umumkannya Thunderbolt. Teorinya, kecepatan transfer Thunderbolt mencapai 10 Gbps atau dua kali lipat USB 3.0. Hingga kini, selain Apple MacBook, baru segelintir motherboard dari Gigabyte, ASUS, dan MSI yang menyediakan port Thunderbolt. Chipset Z77 series untuk CPU Ivy Bridge telah disiapkan Intel untuk mendukung bukan hanya USB 3.0 tetapi juga Thunderbolt (dengan dukungan Cactus Ridge controller).

Melewati paruh tahun 2012, beberapa produsen telah merilis produk pertamanya yang mendukung interface Thunderbolt. Western Digital dan Buffalo telah merilis hard disk portabel yang mendukung Thunderbolt. Begitu juga Seagate dengan adapter Thunderbolt untuk GoFlex series. Belkin tidak mau ketinggalan dengan Thunderbolt Express Dock dengan tambahan port 2.0, HDMI, Firiwire, dan dua port Thunderbolt. Salah satu kelebihan interface Thunderbolt adalah data dapat ditransfer dalam dua arah secara simultan dan mendukung hingga tujuh perangkat secara serial.