AWAL SEBUAH KEBERANIAN 03a

AWAL SEBUAH KEBERANIAN 03a

 

“KeagunganMu yang mengatasi langit dinyanyikan.” (Mazmur 8: 2). Pandanglah langit di waktu siang, pernahkah saudara berpikir berapa luas ruang angkasa, tempat bintang, bulan dan matahari berputar dan beredar pada orbitnya sejak diciptakan sampai sekarang ini? Bayangkan jarak rentang langit dari barat ke timur, sejauh yang dapat diukur oleh para ahli, kira-kira 93 milyar tahun cahaya. Itu sama dengan 93.000.000.000 x 365 hari x 24 jam x 3600 detik x kecepatan cahaya 300.000 km/detik. Semesta alam itu diciptakan untuk menampung 10 milyar pangkat 3 galaksi. Dalam satu galaksi ada bermilyar-milyar bintang. Itulah semesta alam yang disebut universe dalam bahasa Inggris atau unvorsum dalam bahasa latin. Kata itu berarti everything rotated as one or by one (semua berputar sebagai satu kesatuan atau oleh Yang Satu).

Daud sangat kagum dengan Yang Satu ini (Allah) yang telah menempatkan bulan dan bintang di orbitnya tanpa saling bertumbukan. Allah Semesta Alam adalah Allah yang menguasai dan mengatur semua yang ada di semesta alam. Allah Semesta Alam yang Satu ini telah menciptakan matahari yang berfungsi di waktu siang dan bulan serta bintang yang berkelap-kelip di waktu malam.

Allah menciptakan ruang hampa di ruang angkasa sehingga setiap benda langit dapat melayang tanpa bobot. Bagaimana setiap gugus benda angkasa dapat menjadi sebuah kesatuan yang disebut galaksi? Benda-benda langit itu memiliki daya tarik atau gravitasi sehingga dapat saling mengikat untuk menjadi sebuah kesatuan. Daud tidak mengerti banyak soal itu tetapi ia mengangumi kebesaran dan kekuasaan Allah yang telah memungkinkan itu semua terjadi.