AWAL SEBUAH KEBAHAGIAAN 05

AWAL SEBUAH KEBAHAGIAAN 05

Perlunya Pencerahan

“Datanglah KerajaanMu”. Itulah ucapan ilahi yang diajarkan oleh Yesus kepada murid-muridnya ketika Ia mengajarkan tentang doa yang benar. Itulah permintaan pertama yang harus menjadi prioritas dalam permohonan doa kita kepada Allah, sang Pencipta dan Pemilik Semesta alam. Mengapa Kerajaan Allah harus menjadi hal yang paling utama dalam permohonan doa kita kepada Allah? Kerajaan Allah menjadi topik utama dalam pemberitaan atau pengajaran Yesus ketika ia ada di muka bumi.

Dalam Matius 4:33, “Yesus pun berkeliling di seluruh Galilea; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Allah serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan di antara bangsa itu.” Juga dalam Matius 3: 2; Lukas 8: 1; 9: 2. Bahkan sebelum naik ke Sorga, selama 40 hari, Yesus terus mengajar dan mengulang-ulang berita tentang Kerajaan Allah. Kisah Para Rasul 1: 3. Mengapa hal kerajaan Allah itu sedemikian penting dalam pelayanan Yesus sehingga dalam doapun, Yesus mengutamakan kerajaan Allah?

Kerajaan itu artinya sebuah kekuasaan yang bertalian erat dengan sebuah pemerintahan. Kerajaan adalah terjemahan sebuah kata Yunani basilea yang berkaitan dengan kata basis atau foundation of power (dasar kekuasaan). Kata itu berakar pada kata kerja baino atau to walk (berjalan). Bagian tubuh yang digunakan untuk menginjak karena memiliki kekuatan atau kekuasaan. Itu sebabnya ada ungkapan ‘menancapkan kakinya’ artinya berkuasa. Dengan demikian, Kerajaan Allah artinya kekuasaan atau pemerintahan Allah. Konsep ini menjadi sangat penting dalam pelayanan dan pengajaran Yesus karena disinilah letaknya persoalan manusia waktu ia jatuh ke jurang ground zero  karena berdosa melanggar perintah Tuhan.

Ketika Allah memerintah dalam hidup manusia, Adam dan Hawa, maka manusia hidup dalam kebahagiaan dan kelimpahan yang luar biasa di taman Eden. Namun, ketika kekuasaan Allah digantikan oleh ego atau ke-aku-an manusia yang tak mau tunduk kepada Allah, maka manusia harus keluar dari Eden dan mengenal penderitaan, penyakit dan kematian. Itu sebabnya Yesus datang untuk memulihkan kondisi manusia yang terpuruk bila manusia mau mengakui kekuasaan dan pemerintahan Allah dalam hidupnya. Karena itulah Yesus mengajarkan sebuah prioritas dalam doa, yaitu memohon agar ‘Kerajaan Allah’ datang, ada dalam hidup manusia. Sebelum itu marilah kita renungkan dulu kisah lama tentang seorang raja dari Asia Kecil yang mendapatkan sebuah pencerahan pikiran yang telah mengubah hidupnya menjadi seorang yang dicintai rakyatnya.